Jumat, 24 Mei 2024 WIB

Humbahas Dapat Penghargaan Anugrah Adipura 2022

Redaksi - Kamis, 23 Februari 2023 21:58 WIB
270 view
Humbahas Dapat Penghargaan Anugrah Adipura 2022
Foto SIB/Frans Simanjuntak
KOTA DOLOKSANGGUL : Inilah potret Kota Doloksanggul, Kecamatan Doloksanggul, Kabupaten Humbahas, persisnya di Jalan Sisingamangaraja yang dulu disebut Jalan Merdeka yang akan dianugerahi Adipura 2022 oleh Kementerian LHK RI. Foto dipetik, Kamis
Humbahas (harianSIB.com)

Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) untuk pertama kalinya mendapatkan Penghargaan Anugrah Adipura 2022.

Hal itu dibenarkan oleh Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui Kadis Lingkungan Hidup Halomoan Manullang ketika dihubungi wartawan via selulernya Kamis (23/2/2023).

Dia mengatakan, kepastian Kabupaten Humbahas mendapatkan penghargaan itu diketahui setelah Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI mengirimkan surat undangan kepada Bupati Humbahas untuk menghadiri dan menerima Penghargaan Anugrah Adipura 2022 tersebut.

Dalam surat yang ditandatangani Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian LHK itu, Bupati Humbahas diundang hadir pada Selasa (28/2/2023), pukul 09.00 WIB, bertempat di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

"Benar, surat undangan itu kita (Pemkab Humbahas) terima dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI," kata Halomoan.

Lebih lanjut dijelaskan, daerah itu dapat memperoleh predikat Adipura setelah Kementerian LHK dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumut melaksanakan penilaian ke Humbahas akhir tahun lalu dan hasilnya memenuhi syarat dan kriteria menjadi Kota Adipura.

"Bulan Desember 2022 lalu di laksanakan penilaian oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Mereka datang melihat Kabupaten Humbang Hasundutan," ungkapnya.

Ditambahkan, secara umum penilaian
predikat Adipura, daerah itu harus memiliki kriteria kota bersih, mempunyai Tempat Pemroresan Akhir (TPA) sampah yang telah berfungsi dengan baik dalam penanganan persampahan, partisipasi masyarakat sudah ada atau sadar akan kebersihan lingkungan.

"Ini (penghargaan Adipura) menjadi kebanggaan kita seluruh masyarakat Kabupaten Humbang Hasundutan. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga penghargaan itu dapat kita terima. Semoga dengan adanya penghargaan itu, daerah kita makin bersih, masyarakat kita juga makin peduli terhadap kebersihan dan lingkungan," pungkasnya. (BR7)




Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Polres Humbahas Tangkap Tiga Tersangka Pelaku Togel Online di Lintong Nihuta
Tim Panelis Provsu Apresiasi Penurunan Stunting di Humbahas
Partai Nasdem Humbahas Buka Pendaftaran Balon Bupati dan Wakil Bupati
Melalui Vidcon, Bupati Humbahas dan Kapolres Ikuti Penandatanganan Nota Kesepahaman Kementan dan Polri
Bupati Humbahas Usulkan 22.169 Ha Tanah untuk Redistribusi kepada Masyarakat
Tujuh Siswa SMA Negeri 1 Onanganjang Lolos ke OSN Provinsi
komentar
beritaTerbaru