Cegah Omicron Masuk ke Sumut

IDI Minta Pelabuhan Kecil Perketat Keluar Masuk Pengunjung, Gubernur Telepon Tanjungbalai dan Batubara


324 view
IDI Minta Pelabuhan Kecil Perketat Keluar Masuk Pengunjung, Gubernur Telepon Tanjungbalai dan Batubara
Foto Dok/Leo Bukit
dr Ramlan Sitompul SpTHT-KL (K) 
Medan (harianSIB.com)
Ketua Ikatan Dokter Indonesia Cabang Provinsi Sumatera Utara (IDI Sumut) Ramlan Sitompul menyampaikan dua hal mencegah varian Omicron agar tidak masuk ke Sumut.

Seperti diketahui, varian Omicron dikabarkan masuk Malaysia. Pertama, ia mengatakan menjaga pintu masuk negara menjadi harga mati untuk mencegah Omicron masuk ke Indonesia.

"Seluruh pintu masuk negara wajib kita jaga dengan melakukan tindakan karantina yang profesional, baik terhadap orang, alat angkut dan barang-barang," katanya kepada harianSIB.com, Senin (6/12/2021).

Kedua, lanjutnya, pemutusan mata rantai. Apa yang dilakukan seperti PPKM adalah memutus mata rantai. "Pak Gubernur Sumut diminta memperhatikan akses keluar masuknya pengunjung dari pelabuhan-pelabuhan tikus supaya terjaga dengan baik," pintanya.

Ia pun berharap, Sumut jangan sampai kecolongan di akses masuk dari pelabuhan kecil. "Pintu masuk negara yang formal, aman. Tapi yang melalui jalur-jalur tikus itu gimana? Tapi mudah-mudahan kita kemarin ada diskusi, itu sudah menjadi perhatian," katanya.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengaku sudah menelepon Tanjungbalai dan Batubara untuk mengantisipasi masuknya virus corona Omicron. Sebab, katanya, pihaknya membaca berita Omicron ada di Malaysia.

"Indikasi Omicron di Sumut tidak ada, Indonesia tidak ada. Hanya ada berita kemarin ada di Malaysia, karena dia pulang dari Afrika. Ini yang harus kita waspadai, karena kita berseberangan langsung dengan Malaysia. Saya udah telepon itu untuk Tanjungbalai, Batubara, itu hilir mudik rakyat kita melalui laut, tapi ini kita semua antisipasi," imbuhnya, usai menghadiri pelantikan Pengurus IDI Wilayah Sumut 2021-2024 di Medan, kemarin. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com