IDI akan Lakukan Pemeriksaan Kode Etik Terhadap 2 Pelaku Terlibat Jual Vaksin


240 view
IDI akan Lakukan Pemeriksaan Kode Etik Terhadap 2 Pelaku Terlibat Jual Vaksin
(Foto Dok/Leo Bukit)
Logo IDI 
Medan (harianSIB.com)
Ikatan Dokter Indonesia Provinsi Sumatera Utara (IDI Sumut) akan melakukan pemeriksaan kode etik kepada dua pelaku berprofesi dokter yang terlibat dalam penjualan vaksin Covid-19.

Ketua IDI Sumut dr Edy Ardiyansyah mengatakan proses hukum kepada kedua dokter tersebut sudah ditangani Polda Sumut. IDI saat ini masih menunggu perkembangan proses hukum yang menjerat mereka.

"Saat ini proses hukum dengan indikasi penjualan vaksin Covid-19 masuk ke tindak pidana korupsi. Kami saat ini menunggu proses yang sedang berlangsung di Polda Sumut," kata Edy kepada wartawan, Senin (24/5/2021).

Terkait dengan profesi keduanya sebagai dokter, IDI akan melakukan pemeriksaan etik. Kedua saat ini masih menjadi dokter dan belum dilakukan pemecatan karena pelanggaran yang dilakukan bukan masuk kategori pelayanan.

"Ada persoalan etik yang dibicarakan di internal organisasi profesi. Sesuai dengan praktiknya, pelanggaran yang dilakukan oleh keduanya tidak masuk ke dalam kategori pelayanan," ucapnya.

Namun demikian, dari tindakan yang dilakukan, keduanya terlihat dalam bekerja mengedepankan perolehan keuntungan. Ini akan menjadi pertimbangan bagi organisasi untuk mengambil langkah selanjutnya.

"Tentunya ini akan dilakukan setelah proses hukum yang berlangsung sudah selesai," ujarnya.

Ia mengatakan seseorang dapat digugurkan profesinya kedokterannya jika terbukti melanggaran AD/ART organisasi kedokteran. "Nanti akan menjadi pertimbangan dari Majelis Kehormatan Etik Kedokteran," ucapnya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com