IMPM USU Lakukan PM Akbar di Desa Seibamban Sergai


133 view
IMPM USU Lakukan PM Akbar di Desa Seibamban Sergai
Foto: SIB/Bonny Sembiring
RESMIKAN: Kepala Desa Seibamban Fadli Lubis didampingi Wakil Ketua IMPM USU Yansen Napitupulu menggunting pita, tanda diresmikannya perpustakaan mini (rumah baca) pada rangkaian kegiatan PM Akbar IMPM USU Tahun 2021 di Desa Seibamban, Kecamatan Seibamban, Kabupaten Sergai, Sabtu (4/12).
Sergai (SIB)
Ikatan Mahasiswa Peduli Masyarakat Universitas Sumatera Utara (IMPM USU) melakukan Pengabdian Masyarakat (PM) Akbar di Desa Seibamban, Kecamatan Seibamban, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), tanggal 4-5 Desember 2021.

Adapun bentuk pengabdian yang dilaksanakan di antaranya, sunat massal, penyuluhan kesehatan (HIV AIDS), pengobatan gratis, senam sehat, penyuluhan pembuatan pupuk kompos dan meresmikan perpustakaan mini (rumah baca) di Kantor Desa Seibamban.

Wakil Ketua IMPM USU Yansen Napitupulu mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk mewujudkan kampung yang Sakti (Sehat, Adaptif, Kewirausahaan, Tangguh dan Inovatif) di wilayah Sumatera Utara (Sumut), khususnya di Desa Seibamban, Kabupaten Sergai.

"Ke depan, program Kampung Sakti ini akan kami lakukan juga di daerah-daerah lain yang ada di Provinsi Sumut," ujarnya kepada SIB, Sabtu (4/12), usai acara pembukaan PM Akbar di Kantor Desa Seibamban yang dihadiri Kades Fadli Lubis, Bhabinkamtibmas Bripka JD Nababan.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Agnes Situmorang melaporkan, PM Akbar ini akan diikuti berbagai kalangan masyarakat Desa Seibamban, mulai dari anak-anak hingga orangtua yang berusia lanjut (Lansia).

"Untuk hari pertama, kami melaksanakan senam sehat bagi Lansia, sunat massal diikuti 30 orang dan penyuluhan menjahit diikuti 20 orang ibu-ibu. Sedangkan, dihari kedua kami melakukan penyuluhan pembuatan pupuk kompos bagi petani, pengobatan secara gratis untuk 150 orang warga Desa Seibamban serta meresmikan perpustakaan mini (rumah baca)," ucapnya.

Terpisah, Kades Seibamban Fadli Lubis menyampaikan terimakasih sekaligus apresiasi kepada IMPM USU atas aksi sosial mereka dalam memberikan bantuan serta pengetahuan kepada masyarakat Dusun I dan VII Desa Seibamban.

"Terimakasih. Kegiatan PM Akbar ini sangat menyentuh dan berguna bagi warga di sini. Semoga, IMPM USU ke depan semakin eksis dan dapat melakukan aksi serupa di desa-desa lain yang ada di Kabupaten Serdangbedagai maupun di Sumatera Utara," katanya.

Amatan wartawan, di akhir acara pembukaan PM Akbar itu Wakil Ketua IMPM USU Yansen Napitupulu menyerahkan plakat dan sertifikat kepada Kades Seibamban Fadli Lubis sebagai bentuk kenang-kenangan serta jalinan kemitraan. (C4/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com