IT Del Laguboti Rilis Aplikasi Del-Gong Kids Corner

* Diharapkan Tingkatkan Minat Baca Anak dan Belajar Bahasa Inggris

167 view
Foto Dok
Pengabdian : Pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Desa Lumban Dolok Kecamatan Silaen Kabupaten Toba beberapa waktu yang lalu. Pada kesempatan tersebut dilakukan  perilisan aplikasi anak Del-Gong Kids Corner.
Toba (SIB)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi (IT) Del Laguboti, melalui tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa IT Del merilis sebuah aplikasi anak berbasis android dalam rangka pelaksanaan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

“Pengembangan aplikasi anak Del-Gong Kids Corner yang berisikan cerita-cerita anak beserta audio berbahasa Inggris dan dirangkum secara menarik ini, dilakukan tim PKM yang terdiri 3 orang dosen IT Del yakni Monalisa Pasaribu SS MEd (TESOL) sebagai ketua pelaksana, Tiurma Lumban Gaol SP MP dan Togu Novriansyah Turnip SST MIM (dosen anggota) serta 3 orang mahasiswa dari program studi D3 Teknologi Informasi Nicolas Martinus Manurung, Ratu Aryella Johana Sitorus dan Julius Martogi Hamonangan Samosir sebagai anggota,” sebut Monalisa Pasaribu kepada SIB, Selasa (2/2).

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang paling dominan dipelajari masyarakat Indonesia, dimana pembelajarannya umumnya dilakukan dengan memberikan eksposur ke literatur bahasa Inggris (Bland, 2019). Salah satu literatur bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat baca anak adalah buku cerita.

Namun, keterbatasan akses yang tidak merata khususnya bagi anak-anak yang ada di desa menyebabkan minimnya minat baca yang ada. Semisal anak-anak yang ada di Desa Lumban Dolok, Kecamatan Silaen, Kabupaten Toba.

Melalui Program Pengabdian kepada Masyarakat yaitu pengembangan Aplikasi anak Del-Gong Kids Corner, yang berisikan cerita-cerita anak beserta audio berbahasa Inggris dan dirangkum secara menarik, sehingga diharapkan mampu meningkatkan minat baca serta kemampuan linguistik anak tanpa dibatasi oleh akses.

Del-Gong merupakan singkatan dari Institut Teknologi Del dan Wollongong,’The City of Gong’ di New South Wales, Australia. Buku cerita anak yang digunakan merupakan pemberian dari Wollongong yang sekarang berada di perpustakaan Institut Teknologi Del.

"Sosialisasi mengenai perilisan aplikasi telah dilakukan kepada anak-anak di Desa Lumban Dolok, Kecamatan Silaen pada tanggal 14 Desember 2020 yang lalu dihadiri oleh Kepala Desa Lumban Dolok, Effendi Silaen. Aplikasi ini dapat diunduh melalui Google Play Store sehingga dapat menjadi media pembelajaran bagi anak-anak dengan hanya bermodalkan smartphone dan internet," katanya. (H01/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com