Inginkan Petani dan Nelayan Maju dan Sejahtera, Wagub Musa Rajekshah Minta KTNA Beri Pendampingan


146 view
Inginkan Petani dan Nelayan Maju dan Sejahtera, Wagub Musa Rajekshah Minta KTNA Beri Pendampingan
(Foto: Dok/Diskominfo Sumut)
MIMBAR: Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah foto bersama pada acara Mimbar Sarasehan KTNA Sumut di Aula Wong Rame Restaurant and Resort, Pantai Cermin, Kabupaten Sergai, Senin (25/10). 
Sergai (SIB)
Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah meminta kepada Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) Sumut agar terus memberikan pendampingan kepada petani dan nelayan. Sehingga ke depan para petani dan nelayan di daerah itu bisa lebih maju dan sejahtera.

"Ke depan, kami mohon pendampingan terhadap petani dan nelayan termasuk penyuluh. Karenanya KTNA juga harus lebih berperan," ungkap Wagub Musa Rajekshah dalam acara Mimbar Sarasehan KTNA Sumut di Aula Wong Rame Restaurant and Resort, Pantai Cermin, Kabupaten Serdangbedagai, Senin (25/10).

Musa Rajekshah menjelaskan peran pertanian dan perkebunan juga telah banyak memberikan dampak positif bagi Provinsi Sumut. Salah satunya pandemi Covid-19 yang telah memberikan dampak ekonomi, ternyata tidak begitu membuat Provinsi Sumut merasakan betul efeknya.

"Hal ini karena kita punya perkebunan dan pertanian, sehingga dampaknya tidak begitu dirasakan ketimbang provinsi yang mengandalkan industri dan pariwisata. Bahkan daerah yang mengandalkan industri dan pariwisata itu sampai harus mengurangi jumlah tenaga kerjanya. Untuk itu kami sampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus KTNA Sumut," ujar Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck.

Sementara terhadap nelayan, sambung Ijeck, dia juga meminta KTNA agar lebih memperhatikan distribusi bantuan alat yang diberikan pemerintah agar tepat sasaran. Karena itu dengan peran KTNA, Ijeck berharap kesejahteraan petani dan nelayan benar-benar bisa dicapai.

"Beberapa waktu lalu melalui KTNA saya juga telah mendapatkan penghargaan. Semoga apa yang diberikan itu membuat kami lebih memperhatikan lagi kemajuan dan kesejahteraan tani dan nelayan Sumut," jelasnya.

Dalam kegiatan sarasehan itu, Ijeck juga sempat berdialog dengan petani dan nelayan perwakilan KTNA kabupaten/kota terkait masalah yang mereka hadapi di daerah. Kepada para petani dan nelayan yang hadir, Ijeck meminta agar jangan takut memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) untuk memajukan usahanya.

"Jangan karena takut ke bank malah ke rentenir. Selain itu kita harapkan BUMD bisa lebih berperan dalam mengontrol harga, karena Pemerintah Provinsi tidak bisa melakukannya secara langsung," pungkasnya.

Hadir dalam acara itu Plt Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Sumut Bahruddin Siregar, Kadis Kehutanan Herianto, Kadis Perkebunan Lies Handayani Siregar dan Ketua KTNA Sumut Tatty Djuwita Nagawati Siregar. (A13/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com