Inspektorat Simalungun Segera Selesaikan Masalah BUMNag Rabuhit


330 view
Inspektorat Simalungun Segera Selesaikan Masalah BUMNag Rabuhit
Foto: Ist/harianSIB.com
Kantor Inspektorat Simalungun.

Simalungun (SIB)

Plt Kepala Inspektorat Simalungun Roganda Sihombing MSi, Selasa (21/6) mengatakan, segera berkoordinasi dengan DPMPN (Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori) untuk mendalami dan menyelesaikan permasalahan BUMNag Nagori (desa) Rabuhit, Kecamatan Gunung Maligas.

Dikatakannya, setiap permasalahan dalam satu kegiatan tertentu yang dibiayai dari DD (Dana Desa) harus segera diselesaikan guna menghindari kerugian keuangan negara.

Pengalokasian DD dalam berbagai bentuk kegiatan sifatnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bukan justru untuk kebutuhan pribadi para pengelola anggaran.

"Inspektorat akan berkoordinasi dengan DPMPN untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan DD di 386 nagori di Simalungun. Hal ini dilakukan untuk memberikan pencerahan kepada seluruh pengelola DD, tidak melakukan pelanggaran hukum," tegas Roganda.

Demikian halnya dengan permasalahan pengelolaan BUMnag Rabuhit, diduga tak jalan dan modal usaha tak jelas (SIB 21/6) dikatakan harus segera dituntaskan.

"Kita akan melakukan tindakan bersifat edukasi, duduk bersama dengan pengurus BUMNag dan Pangulu Rabuhit. Tujuannya, untuk mengetahui pembentukan dan penyertaan modal usaha yang dibiayai DD nagori bersangkutan," jelas Roganda. (BR4/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com