Isoter Berakhir, Asrama Haji Medan Bakal Digunakan untuk Karantina Pekerja Migran


194 view
Isoter Berakhir, Asrama Haji Medan Bakal Digunakan untuk Karantina Pekerja Migran
(Foto Dok/Diskominfo Sumut)
FOTO BERSAMA : Kadinkes Sumut Ismail Lubis bersama Koordinator Medis dan Paramedis Restuti Handayani Saragih, serta anggota Tim Satgas Covid-19 Sumut lainnya foto bersama tenaga medis dan paramedis usai acara Pelepasan Relawan Covid-19 Isoter Asrama Haji Medan Jalan AH Nasution, Medan, Jumat (8/10). 

Medan (SIB)

Asrama Haji Medan yang beberapa bulan terakhir menjadi tempat isolasi terpusat (Isoter) akan dialihkan untuk menampung para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang datang dari luar negeri. Hal itu setelah para relawan Covid-19 dikembalikan ke tempat mereka bekerja semula dalam acara pelepasan di Asrama Haji Medan Jalan AH Nasution Medan, Jumat (8/10).


Kepala Dinas Kesehatan Sumut Ismail Lubis mengatakan lokasi yang sejak kemarin tidak lagi digunakan untuk Isoter segera dipersiapkan menjadi tempat karantina bagi PMI. Sehingga saat tiba di Bandara Internasional Kualanamu pekerja dimaksud akan dibawa ke Asrama Haji guna menjalani isolasi sebelum dipulangkan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19.


“Kita menunggu bagaimana petunjuk dari Pemerintah Pusat. Untuk tenaga kesehatannya akan disiapkan sedemikian rupa. Karena sebelumnya tempat ini sudah digunakan sebagai lokasi isolasi bagi pasien Covid-19,” kata Ismail.


Untuk kebutuhan biaya tenaga kesehatan di lokasi isolasi, kata Ismail akan ditanggung oleh pemerintah pusat, termasuk prioritas penggunaan gedung milik pemerintah. Dengan begitu Pemprov Sumut melalui Satgas Covid-19 akan mempersiapkan tenaga kesehatan bersama dengan tenaga jaga serta lainnya.


Sebelumnya, Ismail Lubis melepas para relawan Covid-19 baik Nakes, tenaga jaga maupun petugas kebersihan yang selama ini bekerja di lokasi Isoter, Asrama Haji Medan. “Saya ucapkan terima kasih kepada para tenaga kesehatan dan petugas pendukung lainnya yang telah bekerja keras selama masa isolasi. Tetaplah menjadi pribadi yang melayani orang lain dan kembali ke tempat tugas masing-masing,” sebut Ismail yang kemudian memberikan piagam penghargaan kepada para petugas.


Sementara itu koordinator Medis Tim Satgas Covid-19 Sumut Restuti Handayani Saragih menyampaikan bahwa sampai saat ini pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, khususnya yang terkonfirmasi Covid-19. Para petugas yang bekerja di lokasi memang dipersiapkan untuk menangani pasien yang datang dari berbagai tempat. (rel/A13/f)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com