Isu Perombakan Jabatan Berhembus, ASN di Nias Utara Resah


1.693 view
Isu Perombakan Jabatan Berhembus, ASN di Nias Utara Resah
Foto Dok
Kepala Dinas Pendidikan Nias Utara (Zul Makmur Telaumbanua) dan Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara (Yoniari Nazara)
Nias Utara (harianSIB.com)

Dalam beberapa hari belakangan, isu perombakan jabatan di lingkungan pemerintahan Kabupaten Nias Utara (Nisut) ramai diperbincangkan membuat sejumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) resah.

Jurnalis koran SIB, Fabooni Zaita, Rabu (13/10/2021), melaporkan, salah seorang ASN yang meminta identitasnya dirahasiakan, mengaku sudah resah. Karena meski perombakan itu baru digelar akhir bulan ini, namun dirinya sudah was-was karena takut kehilangan jabatan.

Dikatakannya, setiap transisi pemerintahan, perombakan itu memang sudah biasa, jabatan strategis juga jadi incaran. Bahkan untuk kepentingan tertentu, tidak dipungkiri dinas pengelola dana besar akan di isi oleh orang-orang dekat penguasa yang dulunya berjasa saat perjuangan.

Ia juga menambahkan, terkait loyallitas kepada pemimpin sebelumnya, memang bisa saja jadi pemicu. Namun bukan berarti akan berbeda dengan pemimpin saat ini. Itu semua sama, dan kalau masih diberi kesempatan, tentunya tugas dan tanggungjawab itu juga tetap dilaksanakan, katanya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Pendidikan Nisut, Zul Makmur Telaumbanua yang diminta tanggapanya terkait perombakan, justeru merasa tak terbeban. "Itu tak masalah, mutasi itu sudah biasa bagi ASN," sebutnya.

Ia juga mengakui, dirinya bersama Eselon II lainnya, memang telah mengikuti ujian seleksi kompetensi. Dan kalau memenuhi syarat, ia tetap bersedia menjalankan tugas di dinas yang sama. Dan kalau tidak, juga tak masalah dipindahkan ke dinas lain, katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Nisut, Yoniari Nazara yang dikonfirmasi sebelumnya, enggan menyikapi soal perombakan dengan alasan kurang sehat.

"Seleksi kompetensi sudah diikuti. Kalau boleh janganlah dulu ditanya perombakan jabatan itu ke saya karena lagi sakit," kata Yoniari. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com