Jalan Demokrasi di Pematangsiantar Jadi Sasaran Kiriman Sampah


90 view
Jalan Demokrasi di Pematangsiantar Jadi Sasaran Kiriman Sampah
(Foto : SIB/ Harryson Manurung)
SAMPAH : Tumpukan sampah  di Jalan Demokrasi Kelurahan Sumber Jaya, Pematangsiantar. 
Pematangsiantar (SIB)
Jalan Demokrasi di Kelurahan Sumber Jaya Pematangsiantar menjadi sasaran kiriman sampah bila hujan turun deras. Fenomena ini sudah berlangsung sejak tahun lalu. Warga setempat dikoordinir Manurung sudah memberitahu keluhan masyarakat kepada Lurah Sofian Siregar.

Pantauan SIB di lapangan, Selasa (26/10), sampah kiriman terbawa air hujan lebat melalui drainase mulai dari Kelurahan Asuhan, Kecamatan Siantar Timur, meluncur sampai ke lokasi Jalan Demokrasi (dekat SMP Negeri 9) Kelurahan Sumber Jaya,Kecamatan Siantar Martoba.

Di badan Jalan Demokrasi, tumpukan sampah kiriman menggunung, menutupi permukaan saluran drainase, bahkan berserakan di areal salahsatu rumah kosong. Fenomena ini kerap berulang, bila turun hujan deras.

Upaya yang dilakukan untuk diungsikan ke TPA (tempat pembuangan akhir), belum terlihat di lapangan. Dampak psikologisnya, sejumlah warga sekitar pun mengeluh, karena aroma bau sampah berbagai jenis, sangat menyengat hidung.
Lurah Sumber Jaya, Sofian Siregar dihubungi SIB melalui telepon mengutarakan, mengatasi permasalahan sampah kiriman, disebut akan koordinasi dengan dengan Camat Siantar Martoba, Camat Siantar Timur, Lurah Sumber Jaya dan Lurah Asuhan.

Ir Daud Simanjuntak MM Sekretaris Komisi III DPRD Pematangsiantar (bidang lingkungan hidup, pembangunan) ketika dimintai SIB komentarnya, mengisyaratkan, pihaknya dalam waktu dekat akan turun turun ke lokasi mencari tahu apa penyebabnya.

Dia berharap, Dinas Lingkungan Hidup, Camat dan para Lurah terkait proaktif mencari solusi mengatasi masalah di lapangan. (D1/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com