Jalan Kecamatan Dobana - Bandar Huluan Berdebu


275 view
Jalan Kecamatan Dobana - Bandar Huluan Berdebu
Foto:harianSIB.com/Syahputra Nainggolan
RUSAK dan BERDEBU : Jalan di Kecamatan Dobana menuju Kecamatan Bandar Huluan, rusak dan berdebu, mengancam kesehatan warga sekitar, Minggu (23/1/2022). 

Simalungun (harianSIB.com)


Jalan dari Kecamatan Dolok Batu Nanggar (Dobana) menuju Kecamatan Bandar Huluan, Kabupaten Simalungun rusak dan berdebu. Kondisi tersebut mengancam kesehatan warga karena dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas (Ispa).


Seperti dikeluhkan Yono, salah seorang warga, Minggu (23/1/2022) jalan tersebut sudah lama mengalami kerusakan namun belum ada tanda-tanda perbaikan dari pemerintah bahkan perusahaan di sekitar.


Atas kerusakan itu, ada beberapa oknum warga yang berinisiatif untuk menimbun jalan dengan batu dan tanah, berharap ada pengendara yang memberikan imbalan uang dengan sukarela.


Namun karena terus dilintasi kendaraan baik sepeda motor hingga truk, jalanan menjadi berdebu.


Ancaman kesehatan yang lebih parah lagi adalah bagi warga sekitar. Rata-rata warga menutup pintu rumahnya agar debu tidak masuk. Pada kaca jendela debu menempel tebal meski setiap hari dibersihkan.


"Kami berharap semoga ada perhatian dari pihak terkait, baik dari pemerintah maupun perusahaan sekitar. Kalau tidak bisa dibangun, minimal sekali sehari jalan ini disiram apalagi pada musim kemarau, agar debu tidak terlalu banyak dan mengganggu kesehatan, " harapnya. (*)

Penulis
: Syahputra Nainggolan
Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com