Jalan Provinsi di Tanahjawa–Hatonduhan Rusak Berat


137 view
Foto : harianSIB.com /Janpiter Datubara
SEPERTI KOLAM: Jalan provinsi di Nagori Saribuasih, Kecamatan Hatonduhan, Simalungun terlihat seperti kolam.
Tanahjawa ( harianSIB.com )

Jalan provinsi jurusan Kecamatan Tanahjawa menuju Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, rusak berat. Masyarakat kecewa hingga sekarang belum terlihat upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Utara untuk memperbaiki jalan tersebut.

Pengamatan harianSIB.com Rabu, (5/5/2021), badan jalan yang rusak mulai dari Nagori Marubunjaya, Balimbingan hingga Nagori Tanjungpasir, Kecamatan Tanahjawa dan Nagori Jawa Tengah, Saribuasih dan Nagori Buntubayu, Kecamatan Hatonduhan hingga perbatasan Kabupaten Simalungun dengan Kabupaten Asahan.

Sekira 50 persen dari total 20 kilometer jalan provinsi itu, aspalnya terkelupas dan berlubang-lubang. Di sejumlah titik jalan yang berlubang ditutup warga dengan batu padas bercampur tanah agar bisa dilintasi. Namun upaya warga untuk menutup badan jalan yang berlubang hanya bertahan beberapa hari. Sebab, begitu hujan turun jalan kembali berlubang, bahkan ada yang berubah seperti kolam.

Nunut Sianturi pengemudi mini bus mengatakan, kerusakan jalan provinsi itu sudah tiga tahun lebih. Namun hingga saat ini, belum terlihat tanda-tanda untuk diperbaiki.

Camat Tanahjawa Farolan Sidauruk yang dihubungi melalui telepon seluler mengatakan, setiap tahun sudah dikirim surat kepada UPTD Jalan dan Jembatan Pemprov Sumatera Utara, untuk memberitahukan badan jalan yang rusak. Namun, hingga saat ini belum ada perbaikan jalan tersebut. ( * )

Penulis
: Janpiter Datubara
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com