Jalinsum Bedagai Kotapinang Macet Hingga 15 Km Akibat Antrean di SPBU dan Truk Rusak


127 view
Jalinsum Bedagai Kotapinang Macet Hingga 15 Km Akibat Antrean di SPBU dan Truk Rusak
Foto: harianSIB.com/Rudi Afandi Simbolon
TERJEBAK MACET: Ratusan kendaraan terjebak macet di Jalinsum Kotapinang, Jumat (15/10/2021).
Kotapinang (SIB)
Ratusan kendaraan terjebak kemacetan parah yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), sepanjang lebih kurang 15 Km, mulai dari kawasan Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Kotapinang, Kecamatan Kotapinang, Kabupaten Labusel hingga kawasan Blok IX, Desa Sisumut, Jumat (15/10).

Kemacetan tersebut dipicu adanya satu unit truk tangki pengangkut CPO yang mengalami kerusakan terparkir di tengah badan jalan di kawasan perkebunan PT PP Lonsum SRE, tepatnya di kawasan Kampung Sidodadi. Akibatnya, kemacetan panjang terjadi baik dari arah Medan menuju Pekanbaru dan sebaliknya.

Kemacetan tersebut diperparah antrean kendaraan yang hendak membeli Bio Solar di SPBU 14.214.288 Titi Kembar di Jalinsum-Bedagai. Bukan hanya di areal SPBU, antrean kendaraan yang didominasi truk dan bus meluber hingga ke badan jalan.

Informasi dihimpun wartawan, kemacetan terjadi, sejak pukul 03.30 WIB dan hingga pukul 10.00 WIB, kemacetan masih belum teratasi.

"Sudah sejak subuh tadi macet. Ada truk tangki rusak terparkir di tengah jalan. Sehingga kendaraan baik dari arah Medan maupun arah Pekanbaru sulit melintas," kata Ahmad Sobar Rambe (52) warga Lingkungan Bedagai, Kelurahan Kotapinang.

Kemacetan lalu lintas baru dapat diurai setelah personel Unit Lantas Polsekta Kotapinang dan Sat Lantas Polres Labuhanbatu mendatangkan mekanik untuk menghidupkan truk tangki yang mogok.

"Kemacetan disebabkan antrean pembelian Bio Solar di SPBU. Kemudian ada truk tangki yang mogok di kawasan Bulu Hait. Kami terpaksa membawa mekanik untuk menghidupkan truk," kata Kasat Lantas Polres Labuhanbatu, AKP Rusbeny ketika dikonfirmasi.

Ia mengakui, dalam beberapa waktu belakangan sering kali terjadi kemacetan lalu lintas, khususnya di kawasan Kabupaten Labusel, akibat antrean kendaraan hendak membeli Bio Solar di SPBU. Karenanya dia mengimbau pengendara agar tidak memarkir kendaraan di tengah badan jalan saat mengantre BBM.

"Kami mengimbau agar saat mengantre BBM parkirnya jangan terlalu memakan badan jalan. Kendaraan lainnya juga sabar, jangan mendahului di saat kendaraan dari arah berlawanan juga ramai," katanya.

Sementara itu, kemacetan lalu lintas di ruas Jalinsum tersebut membuat pasokan ikan di Pasar Inpres Kotapinang, kosong. Truk pengangkut ikan dari daerah Tanjungbalai, turut terjebak macet, sehingga distribusi ikan terganggu.

"Nggak ada ikan bang, kosong. Karena truk angkutan terjebak macet. Biasanya Subuh ikan sudah masuk, ini sudah siang masih belum datang. Truknya terjebak macet," kata salah seorang pedagang ikan di Pasar Inpres Kotapinang, Andi Sembiring. (SS18/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com