Jalinsum di Tebingtinggi Rusak Berlubang Potensi Timbulkan Kemacetan Libur Nataru


221 view
Jalinsum di Tebingtinggi Rusak Berlubang Potensi Timbulkan  Kemacetan Libur Nataru
Foto dok / Anto
TIMBUN : Terlihat Kasat Lantas Polres Tebingtinggi AKP Dhoraria S Simanjuntak, SH. MH bersama personel melakukan penimbunan terhadap kerusakan Jalinsum tepatnya di Jalan Gatot Subroto, Minggu (27/11/2022). 

Tebingtinggi (harianSIB.com)

Ruas jalan lintas Sumatera (Jalinsum) di Tebingtinggi kondisi banyak berlubang, dikhawatirkan jika tidak diperbaiki akan berpotensi menimbulkan kemacetan memasuki libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).


Adapun jalan yang rusak diantaranya, Jalinsum Dolok Merawan - Pematangsiantar, Jalan Gatot Subroto, Jalan HM Yamin, Jalan Soekarno-Hatta, dan Jalan Yos Sudarso depan Mesjid Agung Kota Tebingtinggi.


Terkait kondisi Jalinsum yang rusak berlubang, Kasat Lantas Polres Tebingtinggi AKP Dhoraria S Simanjuntak, SH. MH, kepada harianSIB.com, Minggu (27/11/2022) mengaku pihaknya telah berupaya melakukan perbaikan jalan berupa penutupan dan penimbunan dengan material sertu dan alat greder yang ada di wilayah hukum Polres Tebingtinggi.


"Upaya yang bisa kita lakukan hanya penimbunan sementara dengan menggreder jalan rusak berlubang" ujar AKP Dhoraria.


Dikatakannya, bahwa Tebingtinggi merupakan simpang segitiga pertemuan antara lintas barat dan timur menuju Jakarta.


Dimana setiap tahun menjelang Nataru arus lalu lintas padat dan apalagi lubang yang ada dibiarkan maka kemacetan akan lebih parah.

"Dalam kondisi jalan bagus disaat libur hari besar, kita kesulitan mengatur arus lalin, bagaimana dengan keadaan kondisi jalan yang rusak, macetnya pasti panjang," ucapnya.


Di tempat terpisah, Anto (40) salah seorang warga di Jalan Siantar saat diwawancarai harianSIB.com mengaku resah dengan kondisi Jalinsum tepatnya di Jalan Gatot Subroto yang rusak berlubang hampir menghiasi sebagian badan jalan dengan kedalam hingga 15-20 Cm.


"Dinas terkait dalam hal ini Balai Jalan Nasional diharapkan untuk segera memperbaikinya sebelum memakan korban jiwa," ucapnya.


Diakui Anto, beberapa kali pihak Lantas Tebingtinggi telah berupaya melakukan penimbunan lubang dengan sisa material, tapi tidak bertahan lama dikarenakan hujan maupun dilintasi truk dengan tonase yang besar.


“Kami melihat adanya upaya dari Lantas Tebingtinggi menimbun jalan agar lalu lintas bisa lancar, tapi kerusakan masih perlu perbaikan permanen,” jelas Anto. (*)


Penulis
: Japet Arki Bangun
Editor
: Robert/Eva Rina Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com