Jangan Lengah Covid-19, Anggota DPR RI Martin Manurung Minta Menteri Tingkatkan Fasilitas di RS BUMN


108 view
Jangan Lengah Covid-19, Anggota DPR RI Martin Manurung Minta Menteri Tingkatkan Fasilitas di RS BUMN
Foto Istimewa
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI, Martin Manurung 
Medan (SIB)
Wakil Ketua Komisi VI DPR RI Martin Manurung mengingatkan Menteri BUMN, Erick Thohir untuk memanfaatkan kondisi penurunan kasus Covid-19 di Indonesia dengan melengkapi dan memperbaiki fasilitas kesehatan di rumah sakit (RS) BUMN.

“Jangan lengah di banyak negara, termasuk Singapura, virus tersebut menyebar lagi setelah curva penurunan melandai.
Indonesia jangan kendur pada protokol kesehatan (prokes),” ujar anggota Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu via ZoomMet, Minggu (26/9).

Sebelumnya, pada Rapat Kerja Komisi VI DPR RI dengan Kementerian BUMN dan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Rabu (22/9), ia mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 masih mengancam. Indonesia, lanjutnya, memang jadi acuan penanganan tapi bukan berarti upaya dan ikhtiar sudah selesai. “Masih ada kemungkinan varian baru Covid-19 menyerang. Seperti di AS, Israel, Inggris dan Singapura plus Malaysia,” tegasnya.

Menurutnya, pengalaman Indonesia menangani Covid-19 di masa lampau bahwa ada pasien yang tidak tertangani maksimal. “Jangan sampai terulang. Itulah sebabnya RS BUMN terus dibenahi, khususnya terkait Covid-19,” tegasnya.

Secara spesifik ia meminta pembenahan dan penambahan fasilitas RS untuk wilayah di Sumatera Utara (SU) khususnya di Dapil SU II mencakup Labuhanbatu, Labuhanbatu Selatan, Labuhanbatu Utara, Tapanuli Selatan, Kota Padang Sidempuan, Mandailing Natal, Kota Gunungsitoli, Kota Sibolga, Tapanuli Tengah, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Nias Selatan, Samosir, Padang Lawas Utara, Padang Lawas, Nias, Nias Selatan, Nias Utara dan Nias Barat. “Seperti pepatah, sediakan payung sebelum hujan. Sama dengan antisipasi kemungkinan-kemungkinan serangan baru. Kita memang tidak berharap, tapi lebih bagus antisipasi,” tambah Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem tersebut.

Ia menunjuk data Our Word In Data (OWID) bahwa virus varian Covid-19 pada Juli - September 2021 menyerang negara yang sebelumnya sudah kendur dalam prokes Covid-19. Di antaranya Inggris, Israel dan AS. Untuk Asia ada Jepang, Singapura dan Malaysia. (R10/c)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com