Januari - Maret, Penderita HIV/AIDS di Pematangsiantar 11 Orang


125 view
Foto Istimewa
Rini Silalahi
Pematangsiantar (SIB)
Berdasarkan data Dinas Kesehatan per Januari sampai Maret tahun 2021, jumlah Penderita Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquired Immune Deficiency Syndrome(AIDS) di Kota Pematangsiantar sebanyak 11 orang.Hal ini dikatakan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit melalui Pengelola Program HIV dan AIDS, Rini Silalahi kepada wartawan melalui whatssapp, Senin (10/5).

Dikatakannya, dari jumlah keseluruhan penderita HIV/AIDS tersebar di 8 Kecamatan yang ada di Kota Pematangsiantar.

Sementara itu, bagi penderita yang sudah terinfeksi HIV dapat dikonseling oleh petugas kesehatan dan penularan HIV/AIDS melalui darah, cairan mani, cairan vagina dan ASI (Air Susu Ibu) pada ibu positif HIV/AIDS.

Rini menambahkan dalam hal penanggulangan HIV/AIDS layanan yang telah terbentuk di Kota pematangsiantar itu harus tetap eksis, dan dikembangkan serta ekspansi layanan ke fasilitas kesehatan swasta. “Jadi tidak hanya fasilitas kesehatan pemerintah dalam hal penanggulangan HIV/AIDS di Kota Pematangsiantar," katanya.

Untuk layanan kesehatan bagi penderita bisa langsung ke RSUD Dr Djasamen Saragih, Puskesmas Tomuan, Puskesmas Martoba dan pencegahan melalui obat ARV (anti retroviral) diberikan kepada penderita HIV, ujarnya. (D7/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com