Japarlin Marbun Dorong Fashion Etnik Berisi Kearifan Lokal


113 view
Japarlin Marbun Dorong Fashion Etnik Berisi Kearifan Lokal
(Foto : Bamagnas SU /Ev Yandri Laning)
Fashion Etnik: Pdt Dr Japarlin Marbun MPd dalam busana etnik Karo (kanan) bersama Pdt Hence Bulu MTh dan Pdt Ruben Yosua Silalahi MTh  (kiri). 

Berastagi (SIB)

Pdt Dr Japarlin Marbun MPd mendorong fashion etnik berisi kearifan lokal digalakkan.

“Saya dua kali dibeginikan... tapi kali ini luar biasa. Agung,” ujarnya saat dipakaikan busana etnik Karo oleh Pdt Ruben Yosua Silalahi MTh sesampainya di acara Pelantikan Pengurus DPW Bamagnas Sumut di Berastagi, Kamis - Jumat (11 - 12).

Menurutnya, busana etnik itu tak sekadar menunjukkan (sedang) berada di mana tapi menunjukkan kekayaan Nusantara yang bhineka, melengkapi keeksotikan budaya etnik bangsa. “Industri fashion juga dapat menjadi kekuatan ekonomi. Minimal mendukung pertumbuhan,” jelasnya.

Busana yang dipakaikan pada gembala jemaat di gereja di Jakarta tersebut mirip dengan pakaian pengantin pria Karo. Stelan jas lengkap (yang biasanya kemeja putih lengan panjang) pada tubuh Japarlen Marbun dibungkus uniform Bamag Nasional.

Tubuhnya yang atletistersebut dihias uis di bahu dan selendang yang diselempangkan di bahu, di pinggang, serta sebagai tutup kepala. Pernak-pernik warna keemasan itu dilengkapi kalung surtali tanduk kerbau (rumah-rumahan) yang tergantung di dada.

Di bagian bawah dilengkapi sarung tenung khas Karo dominan warna gelap dengan benang emas halus tapi mencolok. Pada Sekjen Bamag Nasional Pdt Hence Bulu MTh disematkan uis gara.

“Bentuk penghormatan pada tetamu agung,” jelas Pdt Ruben Yosua Silalahi.

Menurutnya, Tanah Karo yang sejuk dengan industri wisata sebagai bagian dari kehidupan, memiliki kekayaan yang sempurna. Mulai dari alam indah dengan kekayaan pertanian serta warisan leluhur dengan tenunannya. (Facebook /R10/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com