Jaringan Internet Lelet, KBM dan ANBK Online di SDN 48 Bukit Tujuh Torgamba Terganggu


240 view
Jaringan Internet Lelet, KBM dan ANBK Online di SDN 48 Bukit Tujuh Torgamba Terganggu
Istimewa
Ilustrasi 
Kotapinang (SIB)
Jaringan internet sangat lelet di Desa Bukit Tujuh, Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan (Labusel), saat SD Negeri 48 mengikuti Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK), Rabu (25/8). Asesmen yang dimulai pukul 07.00 WIB, baru bisa konek pukul 13.00 WIB dan selesai pukul 18.35 WIB.

Keluhan tersebut disampaikan Kepala SD Negeri 48 Bukit Tujuh, Sarlina Saragih STh kepada SIB usai ANBK, Rabu (25/8). Selain ANBK, sebutnya, kegiatan belajar mengajar (KBM) online juga terganggu selama ini.

"Di desa kami lelet sekali jaringan internet, sehingga proses pembelajaran selama pandemi Covid-19 dilakukan secara luring. Tadi ANBK online pun terganggu," sebut Sarlina.

Dia juga menjelaskan ANBK ini sangat penting, karena merupakan program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk meningkatkan mutu pendidikan di seluruh satuan pendidikan, termasuk di SDN 48 Bukit Tujuh.

"Yang mengikuti ANBK terdiri dari siswa-siswi kelas 5, operator sekolah, guru-guru dan kepala sekolah. Termasuk juga belajar bagaimana cara memotret dan menginput, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan," jelasnya.

Dia berharap kepada Bupati Labuhanbatu Selatan melalui Dinas Pendidikan, kiranya dapat memasilitasi jaringan internet ke SDN 48 Bukit Tujuh, agar proses belajar mengajar melalui online dapat berlangsung dengan baik selama masa pandemi Covid-19.

"Kalau jaringan internetnya sudah bagus, kegiatan belajar mengajar secara online seperti zoom miting terutama di masa pandemi bisa lancar," ujarnya berharap. (RM/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com