Jelang HUT ke 76 TNI AL, Lantamal I Gelar Vaksinasi Covid-19 dan Rapid Antigen di Parapat


130 view
Jelang HUT ke 76 TNI AL, Lantamal I Gelar Vaksinasi Covid-19 dan Rapid Antigen di Parapat
Foto Dok/Dispen Lantamal I
BERDIALOG : Wadanlantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman berdialog dengan salah warga penerima vaksinasi Covid-19 di Parapat, Kamis (9/9).
Belawan (SIB)
Menjelang HUT ke 76 TNI AL pada 10 September 2021, Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) I Belawan menggelar Bakti Kesehatan (Bakkes), serbuan vaksinasi Covid-19 dosis ke 2 dan rapid antigen kepada masyarakat di kawasan Wisata Danau Toba, Kota Parapat dan Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara, Kamis (9/9).

Danlantamal I, Laksamana Pertama TNI Achmad Wibisono diwakili Wadanlantamal I Kolonel Marinir Amir Kasman, saat meninjau pelaksanaan vaksinasi tersebut mengatakan, kegiatan Bakkes itu diselenggarakan dalam rangka menyambut HUT ke 76 TNI AL tahun 2021, serta selaras dengan langkah TNI dan Polri merealisasikan percepatan program pemerintah, untuk mencapai 70 persen lebih penduduk Indonesia tervaksin, sehingga terbentuk kekebalan komunal (herd immunity) terhadap Covid-19.

"Serbuan vaksinasi dilaksanakan di Desa Silali Toruan, Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara dan Kawasan Wisata Danau Toba, Kota Parapat," ujar Wadanlantamal I.

Pihak Lantamal I juga mengatakan, kegiatan Bakkes yang dilaksanakan pada dua tempat tersebut didukung 5 tim tenaga kesehatan dari RSAL Komang Makes dan Dinas Kesehatan Lantamal I, Puskesmas Parapat serta Puskesmas Kecamatan Muara.

Disebutkan, pelayanan rapid test antigen dilakukan bagi karyawan wisata bahari pesisir Danau Toba dengan target 1.000 orang akan tervaksin.

Hingga saat ini, Lantamal I telah menggelar vaksinasi massal Covid-19 tahap satu dan dua sebanyak 20 kali terhadap masyarakat pesisir dan Keluarga Besar TNI AL kurang lebih 25.000 orang di wilayah Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Simalungun serta Tapanuli Utara.

Pada hari yang sama, dengan mengusung tema "TNI AL Peduli dan Berbagi", Lantamal I Belawan juga menggelar Bakti Sosial (Baksos), penyaluran sembako kepada warga kurang mampu di Kecamatan Medan Belawan sekitarnya.

Sesuai perintah Danlantamal I, kegiatan Baksos tersebut dilaksanakan secara serentak oleh seluruh jajaran Lantamal I, dengan mendatangi secara langsung warga kurang mampu di antaranya petugas kebersihan, pemulung, pedagang kaki lima dan pengemudi becak yang dianggap sangat membutuhkan bantuan pada masa pandemi Covid-19.

Selain itu jajaran prajurit TNI AL Lantamal I dan Ketua dan unsur pengurus Jalasenastri Korcab I DJA I, Ny Ita Achmad Wibisono, juga memberikan bantuan sosial berupa Sembako dan tali asih kepada warakawuri dan pensiunan TNI AL di Komplek Perumahan TNI AL, yang tersebar di Kecamatan Medan Belawan dan Kota Medan.

Seluruh kegiatan yang dilakukan dalam rangka HUT TNI AL itu, berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.(A9/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com