Jelang Hari Armada, KAL Pandang TNI AL Lanal TBA Diterjunkan Vaksinasi Nelayan di Selat Malaka


179 view
Jelang Hari Armada, KAL Pandang TNI AL Lanal TBA Diterjunkan Vaksinasi Nelayan di Selat Malaka
Foto: Dok/Lanal TBA
DIVAKSIN: Seorang nelayan saat divaksin Covid-19 oleh tim vaksinator di atas  KAL Pandang, di perairan Selat Malaka, Jumat (3/12/2021).
Tanjungbalai (harianSIB.com)

Menjelang hari Armada RI ke-76 tahun 2021, KAL Pandang milik TNI AL Lanal TBA diterjunkan melakukan vaksinasi nelayan yang berlayar di perairan Selat Malaka, Jumat (3/12/2021).

Vaksinasi di atas KAL Pandang tersebut, melibatkan tim vaksinator Lanal TBA berkolaborasi dengan Puskesmas Teluk Nibung dan didukung 5 Patkamla Lanal TBA, Sie Rider, RHIB, Patkamla SLG 1-1-57, Patkamla TG BALAI 1-1-61 dan Speed KAL Pandang yang berpungsi antar jemput nelayan.

Danlanal TBA Letkol Laut (P) Robinson Hendrik Etwiory saat meninjau vaksinasi mengatakan, KAL Pandang diterjunkan untuk melakukan vaksinasi Covid-19 di atas kapal, karena para nelayan ada yang tidak sempat mengikuti vaksinasi karena setiap hari ke laut mencari nafkah.

"Kita perintahkan tim Balai Kesehatan Lanal TBA melayani vaksinasi di atas KAL Pandang 1-1-72. Sehingga memudahkan nelayan baik pergi dan pulang dari laut mengikuti vaksinasi," kata Robinson.

Robinson mengatakan pihaknya mencegat kapal- kapal yang berangkat ke laut untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi menjelang Natal dan tahun baru, karena masih banyak nelayan belum divaksin.

"Kegiatan ini menyambut Hari Armada pada 5 Desember 2021. Vaksinasi ini menargetkan 200 dosis yang kami siapkan. Sinovac 160 dosis, Astrazeneca 200 dosis mudah-mudahan terpakai semua," ucap Robinson.

Amatan harianSIB.com, ratusan warga yang mengikuti vaksinasi tersebut, tak lepas dari rasa takjub. Karena selain mengikuti vaksinasi, mereka bisa merasakan di atas kapal TNI AL yang merupakan alutsista milik Lanal TBA.

Andi (39) seorang nelayan yang selama ini takut divaksin, akhirnya bersedia divaksin karena tertarik divaksin di KAL Pandang. (*)

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com