Jelang Hari Jadi ke-272, Forkopimda Langkat Ziarah ke Makam Pahlawan


103 view
Jelang Hari Jadi ke-272, Forkopimda Langkat Ziarah ke Makam Pahlawan
(Foto Dok/ Polres Lkt)
Ziarah :  Forkopimda Langkat dipimpin Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok   ziarah ke makam pahlawan T Amir Hamzah,samping Masjid Azizi Tanjung Pura, Jumat (14/1). 
Langkat (SIB)
Jelang Peringatan Hari Jadi ke -272, Langkat Forkopimda Langkat menggelar ziarah ke Makam Pahlawan T Amir Hamzah, Tuan Guru Babussalam yang pertama dan Makam Raja Ahmad di tiga kecamatan terpisah yakni Kecamatan Tanjung Pura, Padang Tualang dan Kecamatan Secanggang, Jumat (14/1).

Ziarah makam diikuti Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok, Dandim 0203 Langkat Letkol Inf Wisnu Joko Saputro, Bupati Langkat diwakili Asisten I Pemkab Langkat Hermasnyah, MIP, Kanit III Sat Intelkam Ipda Widayat , Kabid Pariwisata Disparbud, Sabarita br Sitepu, Ketua napak tilas sejarah Langkat, Ahmad Ahmadi.

Setibanya rombongan Forkopimda di Masjid Azizi Keluarahan Pekan Tanjung, Kecamatan Tanjung Pura, disambut Forkopimca Tanjung Pura serta Ketua MUI Kecamatan Tanjung Pura, HM Ridwan dan Imam Besar Masjid Azizi H Basyaruddin.

Dalam sambutannya Imam Masjid Azizi H. Basyaruddin menyampaikan terimakasih atas kunjungan Kapolres Langkat dan rombongan. Imam di lokasi Masjid bersejarah itu menjelaskan, Sultan pertama dan menjadi Sultan di Kabupaten Langkat, adalah Sultan Musa dan pada masa kepemimpinannyalah, masyarakat sangat makmur. Setelah wafat digantikan oleh putra beliau yaitu Sultan Abdul Azizi dan dikenal sebagai pendiri Masjid Azizi Tanjung Pura pada tahun 1902.

Usai meninjau Masjid Azizi, rombongan ziarah sekaligus penaburan bunga ke makam Pahlawan T. Amir Hamzah dan keluarganya yang tidak jauh dari lokasi Masjid Azizi. Selanjutnya rombongan bertolak menuju Desa Besilam Kec. Padang Tualang, untuk ziarah serupa ke makam Tuan Guru Basussalam yang pertama. Di lokasi itu rombongan Kapolres Langkat ziarah dan membaca doa di pandu oleh Zuriat Tuan Guru Babussalam.

Ziarah Makam Raja Ahmad
Selanjutnya rombongan Forkopimda dipimpin Kapolres Langkat AKBP Danu Pamungkas Totok kembali berziarah ke makam tokoh Langkat lainnya yakni, makam Raja Ahmad di Desa Kepala Sungai Kecamatan Secanggang, Langkat Raja Ahmad dikenal Raja Aru, yang memiliki banyak keturunan Sultan Sultan di Langkat.

Ketua Napak Tilas Ahmad Ahmadi tentang sejarah Raja Ahmad menjelaskan, makam Raja Ahmad bin Indra Bungsu, yaitu Raja X dari Aru dan dari Raja Ahmad banyak melahirkan Sultan-Sultan yang ada di Kabupaten Langkat. Raja Ahmad merupakan ayah dari sultan Langkat yang pertama yaitu sultan Musa. Di lokasi desa Kepala Sungai ini juga dikenal sebagai Kota Dalam dan dipimpin oleh dua raja, yaitu Kota Dalam Luar dan Dalam.(A-7/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com