Jembatan di Desa Kayubesar Sergai Rusak Parah, Bahayakan Pengguna Jalan


159 view
Jembatan di Desa Kayubesar Sergai Rusak Parah, Bahayakan Pengguna Jalan
(Foto: SIB/Bonny Sembiring)
RUSAK PARAH: Kondisi jembatan di Dusun Pondok Panjang Desa Kayubesar, Kecamatan Bandarkhalifah, Kabupaten Sergai yang rusak parah dan butuh perbaikan segera dari Dinas BMBK Pemprov Sumut, Kamis (8/9). Dari situasi tersebut, arus lalulintas di kawasan itu kerap menerapkan sistem buka tutup. 

Sergai (SIB)

Kondisi jembatan di Dusun Pondokpanjang Desa Kayubesar, Kecamatan Bandarkhalifah, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) rusak parah dan dinilai membahayakan pengguna jalan yang melintas.


Pasalnya, badan jembatan tersebut tampak berlubang dan tidak memiliki tiang pengaman.


Pantauan SIB di lapangan, Kamis (5/9), setiap pengemudi kendaraan bermotor tampak menggunakan sistem buka tutup karena banyaknya lubang yang berjejer di badan jembatan. Kondisi itu pun menimbulkan antrean dan memperlambat arus lalulintas.


Warga setempat bernama Joner Nainggolan (52) kepada wartawan menyatakan, jembatan tersebut diketahui sudah dua tahun lebih rusak dan memprihatinkan, tanpa adanya tanda-tanda perbaikan.


Kemudian, lanjutnya, akibat lubang yang menganga itu, para pengendara bermotor terpaksa mengantre karena arus lalulintas kerap menerapkan sistem buka tutup.


"Setahu saya, mobil pribadi pernah terperosok di sini. Jika naik motor, pengendara harus ekstra hati-hati ketika melintas. Kalau takut atau ragu, pesepedamotor bisa juga menggiring kendaraannya sendiri," bebernya.


Menurut Joner, jembatan tersebut merupakan akses penghubung utama antara Kecamatan Bandarkhalifah, Kabupaten Sergai menuju Kabupaten Batubara, yang harus diperhatikan secara serius oleh Pemprov Sumut melalui dinas terkaitnya.


Sebab, apabila tak kunjung diperhatikan, proses pendistribusian hasil pertanian dan laut dari warga sekitar akan terus terkendala.


Terpisah, Kepala Desa Kayubesar Oloan Sirait saat ditemui mengaku, pihaknya telah beberapa kali mengajak warga untuk bergotong-royong secara swadaya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com