Pertemuan Senioren dan DPP GAMKI

John Eron Lumban Gaol: Caretaker Harus Obyektif Berprinsip Netralitas di Konferda


418 view
John Eron Lumban Gaol: Caretaker Harus Obyektif Berprinsip Netralitas di Konferda
Foto: Dok/Caretaker GAMKI SU
Silaturahim Senioren - DPP GAMKI : Silaturahim DPP GAMKI dengan senioren dan mantan ketua di Medan, Senin (24/5). Dari kiri bagian depan Jadi Pane SPd MM, John Eron Lumban Gaol SE, Drs Burhanuddin Rajagukguk, Gabarel Sinaga SP, Ronald Naibaho MSi, Jesaya Sitepu (Sekretaris BPC GMKI Medan), Maruli Silaban SH, (Ketua Caretaker DPD GAMKI SU), Alex Ramandey (Sekretaris Caretaker) dan Swangro Lumban Batu ST MSi (DPP GAMKI).
Medan (SIB)
Caretaker pengurus Gerakan Angkatan Muda Kristen Indonesia (GAMKI) yang dihunjuk Dewan Pimpinan Pusat (DPP) GAMKI, Senin (24/5), bersilaturahim dengan senioren dan mantan ketua GAMKI SU. Di pertemuan yang digagas Ketua Caretaker Maruli Silaban ST SH dan Sekretaris Nurwai Alex Ramandey ST tersebut hadir sejumlah senioren. Di antaranya Jadi Pane SPd MM, John Eron Lumban Gaol SE, Drs Burhanuddin Rajagukguk, Gabarel Sinaga SP dan Ronald Naibaho MSi. Terlihat juga Sekretaris BPC GMKI Medan, Jesaya Sitepu dan Swangro Lumban Batu ST MSi dari DPP GAMKI.

Di pertemuan itu Jhon Eron Lumban Gaol menegaskan bahwa pihaknya menyambut baik kebijakan DPP GAMKI yang mengambil alih persoalan GAMKI SU. Tetapi, ujar Ketua PIKI SU itu, dalam pelaksanaan mandat dan menanggungjawabi apa yang sudah diberikan organisasi, caretaker harus obyektif dan datang dengan sikap merangkul serta harus berprinsip netralitas. “Muaranya adalah Konferda. Di pesta demokrasi ala GAMKI itu, harus diutamakan kasih yang berarti merangkul seluruh potensi yang ada serta memberi kesempatan yang sama pada seluruh kader yang berpotensi menjadi pimpinan,” tegas mantan Ketua GAMKI SU tersebut.

Ia mengurai, tidak ada persoalan yang tak dapat diselesaikan. Apalagi GAMKI membawa salib yang berarti mengetengahkan kasih. “Asas kolektif, obyektif dan kasih menyelesaikan semuanya,” ujar politisi senior di SU tersebut.

Terpisah, setelah pertemuan, Maruli Silaban di Sekretariat GMKI Jalan Iskandar Muda Medan mengatakan, kehadiran pihaknya di SU untuk menjalankan instruksi organisasi pasca pihaknya dihunjuk menjadi caretaker. “Tujuannya konstruksi sesuai AD/ART organisasi,” tegasnya didampingi sekretaris caretaker.

Menurutnya, sesuai perintah DPP GAMKI, caretaker diberi tugas 3 - 4 bulan yang muaranya Konferensi Daerah (Konferda) GAMKI SU yang tertunda pada April. “Artinya, caretaker harus menyelesaikan tugas yang masa berlakunya sampai Agustus yang ditandai Konferda,” tegasnya.

Sebelum sampai, lanjutnya, pihaknya mengumpulkan seluruh hal di GAMKI. “Itulah sebabnya kami bertemu, sowan, minta nasihat dari senioren serta para mantan. Termasuk dari organisasi keuamatan seperti PGI dan PIKI serta sinode yang menjadi stakeholder di antaranya HKBP, GKPI dan lainnya,” tegasnya.

Ia memastikan pertemuannya dengan senioren berlangsung dalam suasana kekeluargaan dan sepaham. “Kami menerima masukan. Dan apa yang disampaikan sudah diamanahkan DPP,” tambahnya.

Maruli Silaban menegaskan, pihaknya berterima kasih atas masukan dan sambutan yang diberikan padanya. Mengenai organisasi, 33 pengurus GAMKI kabupaten kota sudah kelar dan ada satu yang sudah habis. “Semua diakomodirlah,” tegasnya.

Soal netralitas dan obyektif, lanjutnya, sudah menjadi bagian dari tanggung jawab yang harus dilaksanakan. Sebelum bertemu dengan senioren dan mantan ketua, caretaker menggelar pertemuan dengan DPC GAMKI Medan dan Deliserdang.

“Kami sharing,” jelas Ketua DPC GAMKI Medan Nimrot Sihotang didampingi Sekretaris Ferry dan Sekretaris GAMKI DS Pbs Hamonangan Sinaga.

Agendanya, hari ini, Selasa (25/5), caretaker bertolak ke Pematangsiantar dan Simalungun untuk agenda serupa dan menyusul ke daerah Tapanuli. “Caretaker berpacu dengan waktu,” sebut Maruli Silaban.

Ia menegaskan, DPC kabupaten kota diharap mempersiapkan diri untuk mengikuti Konferda GAMKI SU. “Tunggu undangan resmi dari caretaker yang disetujui DPP,” jelasnya.

Sebagaimana diketahui DPP GAMKI mengeluarkan surat menghunjuk caretaker dengan Ketua Maruli Silaban, Sekretaris Nurwai Alex Ramandey dan Bendahara Sartika Natalia Simanjuntak dengan anggota Yanuserius Zega, Pdt Dr Andriyas Tuhenay, Michael Nababan, Robertus Wijaya dan Alan Singkali. (R10/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com