Jokowi Tanam Pohon di NTB: Pelihara Agar Tidak Longsor, Tidak Banjir


154 view
Jokowi Tanam Pohon di NTB: Pelihara Agar Tidak Longsor, Tidak Banjir
(Foto: BPMI Setpres)
TANAM POHON : Presiden Jokowi bersama masyarakat melaksanakan tanam pohon kayu putih di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, NTB, Sabtu (13/11).
Jakarta (SIB)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanam pohon kayu putih dan buah-buahan di Gunung Pepe, Nusa Tenggara Barat (NTB). Jokowi berpesan kepada masyarakat untuk memelihara pohon-pohon yang ditanam agar ke depan tidak terjadi longsor dan banjir.

"Saya pesan ke masyarakat agar yang sudah ditanam ini dipelihara, dijaga, agar nantinya semuanya tumbuh dengan baik dan memberikan dampak ekonomi kepada seluruh masyarakat yang ada di sekitar Gunung Pepe ini," kata Jokowi berdasarkan keterangan pers dari Biro Pers, Media, dan Informasi (BPMI) Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11).

Penanaman sejumlah pohon ini dilakukan pada hari kedua kunjungan kerja di NTB. Jokowi didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dan Gubernur NTB Zulkieflimansyah.

Penanaman pohon dilakukan Jokowi bersama masyarakat di kawasan hutan Gunung Pepe Kelompok Hutan Mareje Bonga dan Gunung Pepe RTK 13 Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah.

Jokowi mengatakan pemeliharaan hutan yang dilakukan masyarakat akan lebih baik hasilnya. Selain itu, keberadaan hutan punya manfaat bagi manusia dan lingkungan.

"Dan (memelihara hutan) juga untuk menjaga lingkungan kita agar tidak longsor, tidak banjir. Sehingga tadi saya minta ini benar-benar dipelihara, karena masih musim hujan, sangat bagus untuk menanam," kata dia.

Dalam video dari BPMI Setpres, tampak Jokowi memegang sekop saat menanam pohon kayu putih. Tampak Zulkieflimansyah menyirami pohon yang ditanam Jokowi.

Di sekitar lokasi, tampak masyarakat yang terdiri atas ibu-ibu dan bapak-bapak juga menanam pohon. Tampak juga ada anak-anak yang ikut dalam kegiatan tersebut. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com