Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Menurun, Dairi Status Zona Orange


150 view
Jumlah Terkonfirmasi Positif Covid-19 Menurun, Dairi Status Zona Orange
Foto Dok
Ketua Bidang Komunikasi Publik, Rahmat Syah Munthe
Sidikalang (SIB)
Jumlah terkonfirmasi positif Covid- 19 mengalami penurunan di Dairi. Sebelumnya, Kabupaten Dairi ditetapkan status zona merah (risiko tinggi) kini menjadi status zona orange.

Ketua Bidang Komunikasi Publik Satgas Covid-19 Dairi, Rahmat Syah Munthe, Kamis (10/6) mengatakan, Satgas Covid-19 Dairi, mulai dari tingkat desa terus berupanya menekan penularan Covid-19, dengan pelaksanaan intruksi bupati tentang Perpanjangan Pemberlakukan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro.

Pelaksanaan intruksi itu diawasi, dimana di dalamnya berbagai kegiatan sosial yang mengundang kerumunan seperti pesta dilarang selama 14 hari. Kecuali pesta yang sudah berjalan undangannya dan pesta duka cita. Itu pun harus melapor ke Satgas Covid-19, dan menerapkan protokol kesehatan. Membatasi jam operasional rumah makan, warung minum dan menutup semua tempat hiburan malam.

Ia menerangkan, jumlah terpapar corona di Dairi mengalami penurunan menjadi 73 orang, dimana sebelumnya sebanyak 81 orang. Namun, Satgas Covid-19 Sumut menetapkan Dairi status zona orange. Pemkab Dairi melalui Satgas Covid-19 mulai dari tingkat desa konsisten pengawasan protokol kesehatan dan juga membagi- bagikan masker serta meningkatkan tracing dan testing.

"Pemkab Dairi berupaya keras meminimalisir penularan corona di Dairi, sehingga kembali berstatus zona hijau," katanya.

Sesuai data, Rabu (9/6) jumlah akumulasi terpapar corona di Dairi sebanyak 471 orang, sembuh/ selesai isolasi sebanyak 365 orang, meninggal sebanyak 33 orang dan sedang perawatan/ isolasi mandiri sebanyak 73 orang. Disebutnya, dua hari terakhir ada penambahan terkonfirmasi positif dan ada yang sudah selesai perawatan.

Rahmat Syah lebih lanjut menerangkan, Pemkab Dairi juga sudah menyalurkan bahan makanan kepada warga Dusun Silancang, berupa sembako, susu dan bantuan lainnya. Sejak beberapa hari yang lalu dusun tersebut dilakukan penyekatan, dimana sebanyak 6 orang warga terpapar corona. "Bahan makanan dan lainnya sudah disalurkan," pungkasnya. (B3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com