Junimart Girsang : Komisi II DPR Akan Tuntaskan Laporan Masyarakat Terkait Mafia Tanah


690 view
Junimart Girsang : Komisi II DPR Akan  Tuntaskan  Laporan Masyarakat Terkait Mafia Tanah
Foto Istimewa
Junimart Girsang
Jakarta (harianSIB.com ).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Junimart Girsang,SH,MHum mengatakan Komisi II DPR RI akan segera menuntaskan seluruh laporan masyarakat yang diterima oleh Komisi II DPR terkait mafia pertanahan.

Saat ini Komisi II DPR sudah membentuk Panitia Kerja (Panja) mafia tanah dan telah berkoordinasi dengan penegak hukum lainnya, sehingga diharapkan penyelesaiannya bisa ditangani segera, jelas dan benar sesuai dengan hukum yang berlaku.

"Sebagai Ketua Panja, saya sudah berkoordinasi dengan para penegak hukum termasuk pihak kepolisian supaya bisa bersinergi karena banyak laporan masyarakat yang masuk ke Komisii II DPR,” kata Junimart kepada wartawan, Kamis (15/4/2021) di Jakarta.

Politisi PDI-Perjuangan daerah pemilihan Sumut III ini mengingatkan para pengusaha yang terlibat dalam aksi mafia tanah, karena bagi wakil rakyat tidak akan ada tebang pilih. Semuanya akan ditangani secara benar tanpa pilih kasih.

Menurutnya, cukup banyak kasus tanah yang menjadi korban adalah masyarakat, karena haknya diambil oleh orang-orang yang seharusnya tidak punya hak.

Makanya kepada para pengusaha yang terlibat aksi mafia tanah diingatkan supaya hati-hati dan jangan coba-coba menyempret bahaya.

Junimart juga menyoroti permainan para mafia tanah yang kerap beraksi dalam lelang perbankan, dan hal itu menjadi bagian laporan terbanyak yang diterima Komisi II DPR RI.

Panja Mafia Tanah Komisi II DPR telah melakukan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan 12 masyarakat korban dari mafia tanah dan dari hasil pertemuan tersebut masih tengah dianalisa dengan cermat.

Komisi II DPR juga telah membentuk Panja Hak Guna Usaha (HGU) khusus untuk mengurusi masalah tanah yang menjadi sengketa dengan masyarakat dan Panja Hutan Tanaman Rakyat (HTR ) yang berkaitan dengan tata ruang. (*)

Penulis
: Jamida P. Habeahan.
Editor
: Wilfred/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com