Junimart Girsang Gelar Swab Antigen Gratis di Dairi


206 view
Junimart Girsang Gelar Swab Antigen Gratis di Dairi
Foto: SIB/Tulus Tarihoran
BINGKISAN :  Anggota DPR RI Junimart Girsang gelar swab antigen secara gratis. Ketua JGC Dairi, Pisser Agustinus Simamora dan tenaga medis menyerahkan bingkisan kepada peserta swab antigen, Sabtu (6/2) di sekretariat Junimart Girsang Center di Panji Sibura-bura Sitinjo.
Sidikalang (SIB)
Anggota DPR RI Junimart Girsang bersama dengan Junimart Girsang Center (JGC) gelar swab antigen gratis untuk mengantisipasi penularan corona virus disease 2019 (Covid-19) di Dairi, Sabtu (6/2) di Sekretariat JGC Panji Sibura-bura Sitinjo.

Selain swab antigen, peserta juga diberikan bingkisan berisi hand sanitizer, kaos dan lainnya. Ketua JGC Dairi, Pisser Agustinus Simamora bersama Gunawan dan Jan Roi Purba mengatakan, untuk swab antigen itu, pihaknya bekerja sama dengan tenaga kesehatan Dairi. Panitia menyediakan alat sebanyak 500 picis.

Swab antigen gratis, untuk mengantisipasi penularan Covid-19) di Dairi. Dengan adanya kegiatan itu, warga yang hasil swab antigennya reaktif, akan masuk kategori suspek dan disarankan isolasi mandiri selama 14 hari.

"Dari 38 orang yang mengikuti swab, satu orang dinyatakan suspek dan disarankan isolasi mandiri," ucapnya.

Junimart Girsang berinisiatif menggelar swab antigen, kata Pisser Simamora untuk mengantisipasi penularan corona di Dairi yang selalu ada kasus baru. Apalagi pada Januari lalu ada beberapa petugas kesehatan yang positif terkonfirmasi Covid-19.

Selain itu, kegiatan itu juga bentuk kepedulian Junimart Girsang, pada peringatakan HUT ke-48 PDI Perjuangan. Dengan adanya kegiatan itu, masyarakat dapat mengetahui kondisi kesehatan dan dapat mengantisipasi penularan. Bila masyarakat ingin melakukan swab antigen secara pribadi, akan mengeluarkan biaya.

Swab antigen hampir sama dengan rapid test dan hasilnya sudah diketahui 15 menit setelah sampel diambil. Panitia menargetkan peserta sekitar 500 orang, tetapi yang hadir tidak sesuai harapan.

Sepertinya ada keengganan masyarakat untuk mengikuti swab antigen, sebelumnya mendaftar sekitar 60 orang, tetapi yang hadir hanya 38 orang. Mungkin masyarakat takut, bila hasil positif akan diisolasi.

"Bagaimana mengantisipasi penularan virus corona, bila masyarakat tidak mengetahui kondisi kesehatannya," kata Pisser.

Pisser mengatakan, Junimart Girsang tidak bisa hadir pada pelaksanaan swab antigen gratis, karena sedang mengikuti persiapan pelantikan pimpinan Komisi II DPR RI. Dimana Junimart Girsang salah satu pimpinan komisi 2 yang akan dilantik. (K05/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com