Musnar Digelar, Forwakes MoU dengan IAKMI Sumut

Jurnalistik Kesehatan Harus Efektif, Akurat dan Seimbang Menyajikan Berita


429 view
Jurnalistik Kesehatan Harus Efektif, Akurat dan Seimbang Menyajikan Berita
(Foto: Dok/AF)
FOTO BERSAMA: Forwakes Sumut foto bersama dengan nara sumber usai menggelar seminar kesehatan di Pancur Gading, Jalan Kuala Simeme, Pamah, Delitua, Sabtu (18/12). 
Medan (SIB)
Forum Wartawan Kesehatan Sumatera Utara (Forwakes Sumut) menggelar musyawarah dan seminar (Musnar) di Pancur Gading, Jalan Kuala Simeme, Pamah, Delitua, seperti dilansir dari harianSIB.com, Sabtu (18/12). Musnar itu mengambil tema "Tantangan Jurnalis Menghadapi Pandemi Covid-19".

Kegiatan seminar yang dibawakan Kasi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr H Nora Violita Nasution dan Ketua Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Sumut Destanul Aulia. Selain itu juga dilaksanakan MoU antara Forwakes Sumut dengan IAKMI Sumut terkait kerjasama masalah kesehatan.

Destanul menyebutkan bahwasanya jurnalis adalah pihak yang mampu mengkonstruksi realitas melalui berita untuk menjadi wacana yang bermakna. Kemudian jurnalistik kesehatan sendiri, sambungnya, walau tidak harus memiliki latar belakang kesehatan, namun tetap membutuhkan pengetahuan yang memadai tentang medis dan kesehatan.

"Jurnalistik kesehatan itu harus efektif, akurat, seimbang, konsisten dan harus menghasilkan perubahan. Karena media massa dalam komunikasi kesehatan berperan sebagai edukasi kepada masyarakat, mitigasi ketika terjadi bencana kesehatan, peringatan dan pengetahuan kepada masyarakat agar terhindar dari wabah penyakit. Ini tentu pekerjaan yang sangat mulia sekali," paparnya.

Usai seminar, panitia acara menggelar musyawarah pemilihan pengurusan baru. Hasil dari musyawarah tersebut, Mahbubah Lubis atau Budi Lubis terpilih sebagai Ketua Forwakes Sumut periode 2021-2023.

Budi Lubis terpilih dari hasil pemungutan suara, setelah unggul tipis dari ketua sebelumnya Yunan Siregar dengan terpaut selisih hanya tiga suara.

Ia mengucapkan terimakasih kepada seluruh anggota yang telah memberikan dukungan dan kepercayaan kepadanya untuk memimpin Forwakes Sumut untuk beberapa tahun ke depan.

"Saya berharap ke depannya Forwakes akan lebih maju dan terus bisa berkontribusi sebagai pusat informasi dunia kesehatan di Provinsi Sumut," ungkapnya usai penghitungan suara.

Dalam musyawarah ini juga diputuskan beberapa posisi penting mengisi struktur Forwakes Sumut. Di antaranya, Sekretaris M Yunan Siregar, Wakil Sekretaris Mursal Alfa Iswara, Bendahara Anita Sinuhaji dan Wakil Bendahara Nisa Lubis.

Terpisah, dari Bidang Media Penggalangan Opini (MPO) Partai Golkar Sumut, Diva Suwanda juga menyampaikan selamat kepada Mahbubah Budi Lubis yang terpilih sebagai Ketua Forwakes Sumut. Begitu juga kepada M Yunan Siregar sebagai ketua terdahulu memberikan apresiasinya.

"Semoga ke depan Forwakes Sumut menjadi organisasi jurnalistik yang menyajikan pemberitaan yang mencerahkan dan mengedukasi tentang dunia kesehatan di Sumut," tuturnya. (SS6/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com