KPHB Berangkatkan 7.732 Kg Jeruk Simalungun ke Pulau Jawa


297 view
KPHB Berangkatkan 7.732 Kg Jeruk Simalungun ke Pulau Jawa
Foto : SIB/Mey Hendika Girsang
FOTO BERSAMA : KPHB foto bersama Gerakan Marharoan Bolon (Darma Purba), Komunitas Girsang Milenial (Lamhot P Girsang), JGC (Junimart Girsang Center) dan unsur petani serta logistik (Juri Adil Ginting) di sela-sela memberangkatkan 7.732 Kg jeruk Simalungun ke Pulau Jawa, Jumat (25/3) di resi gudang komoditi Parbalokan. 

Simalungun (SIB)

Koperasi Pangan Haroan Bolon (KPHB) Kabupaten Simalungun memberangkatkan 7.732 Kg jeruk "Bumi Haboron Do Bona" ke Pulau Jawa. Jeruk itu diberangkatkan dari resi gudang komoditi di Parbalokan Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun, Jumat (25/3).


"Ini baru sekadar soft launching, untuk grand launchingnya kelak akan dilakukan bupati. Misi kegiatan ini untuk pemulihan ekonomi petani Simalungun," kata Ketua KPHB Simalungun, Jhon Mejer Purba.


Disebut, dalam jangka panjang, komoditas yang akan dikelola oleh KPHB tidak pada jeruk saja, tapi juga komoditas unggulan lainnya seperti kentang, kol, jagung dan kopi.


"Pengelolaannya pun diupayakan mengadaptasi sistem agribisnis yang terintegrasi agar lebih efisien, sehingga mempersingkat rantai pasok dan rantai distribusi," ujarnya.


Menurutnya, pemberangkatan jeruk itu merupakan gerakan awal yang menghadapi banyak tantangan. Tapi semuanya harus dimulai dengan langkah pertama disertai niat tulus.


"Karena itu, kita berharap dukungan dari semua pihak, agar pogram ini berlangsung dengan baik. Muaranya, kesejahteraan petani terwujud," imbuhnya.


Untuk soft launcing ini sambungnya, dihadiri dan dilakukan oleh Kadis Ketahanan Pangan, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Simalungun, Robert Pangaribuan SP MSi didampingi staf, Arwan Irawandhy Sembiring.


"Sedangkan program ini hasil kerja sama antara KPHB, Gerakan Marharoan Bolon (Darma Purba), Komunitas Girsang Milenial (Lamhot P Girsang), JGC (Junimart Girsang Center) dan unsur petani serta logistik (Juri Adil Ginting)," ujarnya. (D5/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com