KPP Pratama Pematangsiantar Gelar Edukasi UMKM Lewat Program BDS


161 view
KPP Pratama Pematangsiantar Gelar Edukasi UMKM Lewat Program BDS
Internet
KPP Pratama Pematangsiantar
Pematangsiantar (SIB)
Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Pematang Siantar melaksanakan kegiatan edukasi kepada 40 pelaku usaha UMKM melalui program Business Development Services (BDS), akhir pekan lalu di Aula Boraspati KPP Pratama Pematangsiantar, Jalan Dahlia Pematangsiantar, dengan menggandeng Bank Indonesia Perwakilan Pematangsiantar, PT Pos Indonesia dan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan Kota Pematangsiantar.

Kepala KPP Pratama Pematang Siantar Mukhammad Faisal Artjan dalam sambutannya menyebutkan, BDS merupakan kegiatan yang dilakukan secara nasional oleh Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam rangka meningkatkan kepatuhan dan kesadaran perpajakan bagi wajib pajak UMKM. "Dan sudah saatnya UMKM yang ada di Siantar-Simalungun naik kelas dan pemerintah dengan adanya aturan perpajakan baru bagi UMKM yang menggunakan tarif PPH final UMKM ada batasan penghasilan bruto baru , yaitu sampai dengan Rp 500 juta setahun tidak dikenakan pajak," ujarnya.

Para narasumber pada kegiatan tersebut dari Bank Indonesia Prasojo, Kepala Kantor Pos Cabang Pematangsiantar Sukianto, Plt.Kadis Dinas Koperasi Usaha Kecil Menegah dan Perdagangan Kota Pematang Siantar Elpina Turnip dan Ketua Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia Siantar-Simalungun Suherman dan Penyuluh Pajak KPP Pratama Pematang Siantar Surya Dharma.

Kegiatan Business Devopment Services yang bertajuk "UMKM Pilar Utama Ekonomi Bangsa ini, dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan juga digelar pameran produk-produk dari para wajib pajak UMKM yang dilokasikan di UMKM Corner yang tersedia.

Di Indonesia, sekitar 61% perekonomian ditopang oleh sektor UMKM. Karena itu pengembangan pelaku UMKM dari segi bisnis harus terus ditingkatkan seiring berjalan maka kewajiban perpajakan juga tetap dipenuhi dan melaksanakan pelaporan kegiatan usaha melalui Surat Pemberitahuan (SPT) setiap tahunnya. (D3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com