KPU Simalungun Targetkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Selesai 25 Februari 2024


228 view
KPU Simalungun Targetkan Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan Selesai 25 Februari 2024
(Foto: harianSIB.com/Jheslin M Girsang)
Kantor KPU Kabupaten Simalungun 
Simalungun (harianSIB.com)
Proses penghitungan suara Pemilu 2024 di Kabupaten Simalungun hingga kini masih dalam tahap rekapitulasi di tingkat kecamatan atau Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).
Ketua KPU Simalungun, Johan Septian Pradana mengatakan, tahapan rekapitulasi penghitungan suara tingkat kecamatan ditargetkan akan selesai, Minggu 25 Februari 2024.
"Paling lambat 2 Maret 2024. Sebagian kecamatan sudah selesai rekapitulasi," kata Johan, Sabtu (24/2/2024).
Setelah nanti penghitungan suara di PPK selesai, tahap selanjutnya rapat pleno rekapitulasi di tingkat kabupaten. Dari rapat pleno tersebut, barulah secara resmi diketahui hasil Pemilu di Simalungun.
Sejauh ini, pihaknya belum menemui kendala yang berarti selama proses penghitungan suara. Namun, ada satu tempat pemungutan suara (TPS) yang dilakukan penghitungan suara lanjutan, yaitu TPS 06 Desa Pematangkerasaan.
Menurut Johan, penghitungan suara lanjutan tersebut menindaklanjuti masuknya surat suara dari daerah pemilihan (dapil) lain ke kotak suara jenis pemilihan DPRD Kabupaten/Kota di TPS 06 Pematangkerasaan.
"Penghitungan suara lanjutan TPS 06 Pematangkerasaan sesuai surat edaran bersama KPU RI dan Bawaslu RI Nomor 4 Tahun 2024 tentang Pelaksanaan Pemungutan dan Pelaksanaan di TPS," ungkapnya.
Johan menambahkan, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden di TPS 06 Pematangkerasaan tidak ada masalah dan berjalan lancar. Demikian juga pemilihan DPR, DPD dan DPRD Provinsi. (*)


Penulis
: Jheslin M Girsang
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com