Pelantikan PPS Asahan

KPU Sumut: CAT Itu Hanya Perangkingan, Banyak Indikator Untuk Seleksi PPS


109 view
KPU Sumut: CAT Itu Hanya Perangkingan, Banyak Indikator Untuk Seleksi PPS
Foto : KOLASE SERAMBINEWS.COM
Ilustrasi

Kisaran (SIB)

Rekrutmen dalam pemilihan panitia pemungutan suara (PPS) oleh KPU Asahan diduga sarat akan titipan atau merupakan kerabat orang berpengaruh.

Hal itu dikatakan Ketua Lira Asahan Muklhisyin Habibi kepada SIB, usai pelantikan PPS Kabupaten Asahan yang digelar di gedung olah raga (GOR) Kisaran, Selasa (24/1), sekira pukul 09.00 WIB.

"KPU Asahan sangat mengecewakan dalam menguji anggota penyelenggara yang diduga tidak ada spesifikasinya. Salah satunya menduga menguji peserta wawancara yang lulus hanya karena kedekatan mereka atau bahasa lainnya adalah kerabat dekat. Yang lebih mengherankan lagi, dalam hal ini sebenarnya siapa yang memiliki kewenangan untuk menilai. KPU atau PPK dalam menilai uji wawancara. Karena yang menguji pada wawancara adalah sebahagian adalah PPK. Kenapa itu malah dijadikan penilaian multak oleh KPU," bebernya.

Dikatakan, apa sebenarnya yang menjadi dasar atau tolak ukur peserta dinyatakan terpilih sebagai PPS oleh KPU. Sementara seleksi PPK saja banyak orang lama yang tidak lulus dengan nilai rendah. Memang sepantasnya tidak layak dianggap sebagai penyelenggara.

"Bukankah itu sudah menjadi standarisasi atau peraturan dari KPU pusat yang seharusnya menjadi acuan KPU kabupaten. Kalau memang seleksi PPS berdasarkan kemampuan, wawasan dan pengalaman, kenapa peserta lolos nilainya dibawah 60. Sementara itu, peserta dengan nilai tertinggi banyak yang tidak lolos. Ada apa. Apa memang banyak titipan. Malah kabarnya ada beberapa kerabat sendiri," sebutnya.

Anggota KPU Sumut Yulhasni saat dikonfirmasi usai pelantikan mengatakan, dalam menyeleksi peserta PPS sudah ada indikator-indikatornya. CAT (Computer Assisted Test) itu hanya perangkingan. Sebab, katanya, belum tentu nilai tertinggi itu harus lulus. (E14/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com