KPU Tanjungbalai Aktifkan Helpdesk Pendaftaran Parpol


261 view
KPU Tanjungbalai Aktifkan Helpdesk Pendaftaran Parpol
(Foto: Dok/Luhut)
HELPDESK: Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan,  memantau pelaksanaan layanan helpdesk, di Kantor KPU Tanjungbalai, Jumat (5/8/2022). 

Tanjungbalai (harianSIB.com)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungbalai mengaktifkan layanan helpdesk bagi partai politik (parpol) calon peserta Pemilu 2024, yang dimulai sejak Senin (1/8/2022).

Helpdesk itu merupakan layanan konsultasi tentang mekanisme pendaftaran dan verifikasi maupun sistem informasi partai politik dibuka untuk parpol, di Kantor KPU Tanjungbalai, Jalan Sudirman Km 3 Tanjungbalai, mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

“Sesuai Surat Dinas KPU RI No 574/2022 yang disampaikan melalui Surat Dinas KPU Provinsi Sumatera Utara No 402/2022 tertanggal 30 Juli 2022, KPU Kota Tanjungbalai telah membuka layanan konsultasi bagi parpol calon peserta Pemilu melalui helpdesk mulai hari ini," kata Ketua KPU Luhut Parlinggoman Siahaan melalui pesan WhatsApp, Jumat (5/8/2022).

Luhut mengatakan, meski pendaftaran yang dimulai 1-14 Agustus 2022 terpusat di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol Jakarta, KPU di tingkat kabupaten/kota telah diminta KPU RI membuka layanan informasi terhadap parpol di tingkat kabupaten/kota.

Sebab, parpol di daerah juga terlibat pada proses pendaftaran terutama dalam meng-input data keanggotaan yang minimal harus tersebar 1.000 atau 1/1.000 pada tingkat kabupaten/kota.

“Meski pendaftarannya terpusat di KPU RI, kami di KPU Tanjungbalai akan stand by. Karena bisa saja ada parpol di Tanjungbalai yang saat ini masih melakukan input data keanggotaan ke Sipol yang butuh konsultasi," ujarnya.

Luhut juga menyampaikan, selain informasi terkait pendaftaran, helpdesk juga dapat dimanfaatkan parpol untuk bertanya terkait mekanisme verifikasi administrasi dan verifikasi faktual terhadap persyaratan yang sudah didaftarkan ke KPU RI melalui Sipol.

Seperti diketahui, verifikasi administrasi sudah akan dimulai 2 Agustus-11 September 2022.

Penulis
: Regen Silaban
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com