Sabtu, 15 Juni 2024 WIB

KPUD Karo Adakan Rakor dengan PPK di 17 Kecamatan

Redaksi - Selasa, 21 Maret 2023 13:31 WIB
278 view
KPUD Karo Adakan Rakor dengan PPK di 17 Kecamatan
Foto: SIB/Sonry Purba

Kabanjahe (SIB)
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Karo, melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Panitia Pemilih kecamatan (PPK) di 17 Kecamatan, yang dilaksanakan di Aula KPUD Karo, Senin (20/3).

Rakor tersebut diadakan terkait penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Mengingat bulan April, akan ditetapkan KPU Karo DPS. Proses Penetapan DPS ini akan diproses secara berjenjang, yang notabene dilakukan oleh PPS bekerja sama dengan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) yang sudah selesai melaksanakan Pencocokan dan Penelitian atau Coklit pada 14 Maret kemaren.

Setelah proses Coklit Pantarlih dan PPS setiap desa, kelurahan melakukan penyusunan pemuktahiran untuk ditetapkan, dan diteruskan secara berjenjang melalui PPK, dan terakhir akan ditetapkan ditingkat KPU Karo, sebagai DPS untuk Pemilu 2024.

Ketua KPUD Karo, Gemar Tarigan mengatakan, intinya adalah semua warga yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih, harus dimasukkan, dan kalo ada warga yang tidak memenuhi syarat lagi sebagai pemilih harus dikeluarkan.

"Nanti pada tanggal 30 dan 31 Maret ini, akan dilaksanakan rekap di tingkat desa dan kelurahan. Kemudian pada tanggal 1 dan 2 bulan April di tingkat kecamatan dan, tanggal 3 hingga 4 akan dilaksanakan Rekapitulasi di tingkat Kabupaten," pungkas Gemar Tarigan.[br]


Kegiatan ini sekaligus untuk sharing knowledge, dan pengarahan penyusunan pemuktahiran data pemilih menjelang penetapan DPS.

Kadiv Teknis, Lotmin Ginting dan Sekretaris KPUD Karo, Ahmad Jhon Sikumbang beserta jajarannya, menegaskan, agar PPK bekerja dengan baik dan selalu melakukan monitoring, dalam tahapan penyusunan pemuktahiran data pemilih sebagai DPS yang akan di tetapkan.

Berdasarkan PKPU No 7 tahun 2022 tentang pemuktahiran data pemilih Ada 3 tahapan dalam pemuktahiran data pemilih yg pertama penyusunan daftar pemilih, kedua rekapitulasi dan ketiga penetapan.

Tahapan dalam pemuktahiran daftar pemilih yaitu, penyusunan daftar pemilih, penyusunan Daftar Pemilih Sementara (DPS), penyusunan Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan ( DPSHP), penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT), penyusunan Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK). Kemudian penyusunan daftar pemilih pemilu Presiden, dan Wakil Presiden putaran kedua. (BR2/b)





Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Lantik 240 PPPK Tebingtinggi, Pj Wali Kota Tekankan ASN Harus Miliki Jiwa 'Esprit De Corps'
UPTD Pelayanan Sosial Anak Balita Medan Lepas 40 PPKS Periode 2023-2024
Kasus PPPK Kabupaten Madina, Polda Sumut Tetapkan Ketua DPRD Madina Jadi Tersangka
Pj Gubernur Sumut Komit Jaga Ketahanan Pangan
Ikutin Rakor Perluasan Areal Tanam di Jakarta, Pj Wali Kota Tebingtingg Terima Bantuan Alsintan Dari Mentan
Ratusan Peserta Ikut Rakor Terkait Stunting, Ini Kata Kadis PPKB Labura
komentar
beritaTerbaru