KPUD Labusel Kerahakan 30 Relawan Lipat 199.181 Surat Suara


132 view
Foto: SIB/Rudi Afandi Simbolon
Lipat Surat Suara : Ketua KPUD Labusel Efendi Pasaribu menjelaskan tata cara pelipatan surat suara kepada relawan di gudang logistik KPUD Labusel Jalinsum Bedagai-Kotapinang, Jumat (20/11).
Kotapinang (SIB)
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu Selatan (Labusel) mengerahkan 30 orang relawan melakukan pelipatan dan penyortiran kertas surat suara untuk pemilihan Bupati-Wakil Bupati Labusel tahun 2020, di Gudang KPU di Jalinsum Bedagai, Kotapinang, Jumat (20/11).

Pengamatan wartawan, penyortiran dan pelipatan surat suara dilakukan oleh 30 relawan yang seluruhnya warga Kelurahan Kotapinang. Selain diawasi petugas Bawaslu, pekerjaan tersebut juga dikawal ketat aparat kepolisian. Berbeda dengan proses pelipatan kertas surat suara pada Pileg dan Pilpres lalu, kali ini seluruh relawan diwajibkan menjaga jarak, menggunakan masker, dan mencuci tangan sebelum masuk ke lokasi. Setiap relawan yang keluar masuk ruangan pun akan diperiksa agar tidak ada kertas surat suara yang terbawa.

"Hari ini pukul 09.00 WIB, mulai dilakukan pelipatan surat suara. Sebelum masuk ruangan semuanya diukur suhu tubuh. Pada tahap awal dilakukan penyortiran kemudian dilipat. Sejauh ini belum ditemukan adanya surat suara yang rusak," kata Komisioner KPUD Labusel Divisi Sosdiklih, Parmas dan SDM Novrizal Harahap.

Dia menargetkan proses pelipatan surat suara tersebut rampung dalam tiga hari. Menurutnya, jika ditemukan surat suara yang rusak, maka akan dituangkan dalam berita acara untuk dimintakan penggantinya.

"Setelah surat suara selesai dilipat akan disimpan di gudang, kemudian didistribusikan ke PPK. Selanjutnya surat suara itu akan diteruskan ke PPS dan KPPS, paling lambat satu hari sebelum waktu pencoblosan," katanya.

Lebih jauh dijelaskan, sebanyak 201.181 eksemplar surat suara yang dicetak oleh PT Temprina Medai Grafika, Surabaya, tiba di Kabupaten Labusel, pada Selasa (17/11). Menurutnya, surat suara itu terdiri dari 199.181 lembar berdasarkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT), ditambah 2,5 persen kertas suarat suara cadangan pada masing-masing TPS, plus surat suara pemungutan suara ulang 2.000 lembar. (L06/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com