KRI Karotang-872 Perkuat Satuan Kapal Patroli Lantamal I Belawan


242 view
(Foto : harianSIB.com/Dispen Lantamal I)
KRI Karotang : KRI Karotang tiba Belawan untuk memperkuat satuan kapal patroli Lantamal I, Rabu (12/5/2021).
Belawan (harianSIB.com)
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I (Danlantamal I) Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso memimpin penyambutan kedatangan KRI Karotang - 872, di Dermaga Mako Lantamal I Belawan, Rabu (12/5/2021).

KRI Karotang - 872 jenis Patrol Craft (PC) type PC 40 tahun pembuatan 2019 di galangan kapal PT Karimun Anugerah Sejati, dengan pembuatan dinding kapal menggunakan material Bakap Marine Aluminium Alloy Series 5000.

Lantamal I melalui siaran pers yang diterima wartawan, Rabu malam, menyebutkan, KRI Karotang-872 memiliki ukuran panjang Max (LOA) 45,50 meter, dan lebar Max (B Max) 7,90 meter.
Sedangkan kemampuan kapal dengan kecepatan ekonomi 15 knots, kecepatan jelajah 17 knots dan kecepatan maximal dapat mencapai 24 knots.

Disebutkan, nama KRI Karotang - 872 diambil dari nama ikan Kertang/Karotang (Epinephelus Lanceolatus), salah satu spesies ikan bertulang keras terbesar dari keluarga kerapu dan dapat mencapai panjang 270 centimeter dengan berat 400 kilogram.

Dengan ukuran yang relatif besar tersebut tidak heran jika ikan karotang menjadi salah satu predator yang menempati posisi puncak rantai makanan para ekosistem terumbu karang di perairan tropis dan subtropis dan salah satu persebarannya sampai ke perairan Selat Malaka dan Tanjung Balai Asahan.

KRI Karotang - 872 dikomandani Mayor Laut (P) Andromeda Winda Ciptadi MA, dibantu 5 perwira pertama, 8 personel berpangkat bintara dan 22 prajurit berpangkat tamtama.

KRI Karotang - 872 saat ini masuk dan memperkuat jajaran Satuan Kapal Patroli Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut I di Belawan dan menjadi kapal Pengawal Samudra yang tangguh dalam melaksanakan pertempuran laut, yang didukung prajurit pengawak unsur yang gesit dan trampil saat melaksanakan tugas patroli dalam penegakkan kedaulatan dan hukum di wilayah perairan yuridiksi Indonesia.

Dalam acara penyambutan KRI Karotang - 872 dilaksanakan pemberian selendang ulos ciri khas Sumatera Utara kepada Komandan KRI Karotang - 872 dan pengalungan bunga, serta disambut dengan tarian selamat datang oleh putri-putri asli anak Medan.

Komandan Lantamal I Brijen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso dalam sambutannya meyampaikan KRI Karotang - 872 memiliki rancangan teknis yang telah disesuaikan dengan kebutuhan unsur Patroli TNI AL.

Diharapkan komandan dan ABK KRI Karotang - 872 tetap semangat dalam melaksanakan tugas operasi di wilayah kerja Lantamal I.

"Selamat bergabung bersama kekuatan unsur Lantamal I, saya berharap KRI Karotang - 872 dapat melaksanakan tugas sesuai dengan namanya, kapal ini akan menjadi Pengawal Samudera yang tangguh, dengan kemampuan prajurit yang gesit dan terampil dalam melaksanakan tugas-tugas sebagai penjaga kedaulatan serta penegak hukum dilaut," ujar Danlantamal I.

Hadir dalam acara penyambutan tersebut, Wadan Lantamal I Kolonel Laut (P) Sunar Solahudin, Kadis/Kasatker dan Ketua Korcab I DJA I beserta Jalasenastri dari prajurit ABK KRI Karotang - 872.(*)

Penulis
: Pally S
Editor
: Wilfred Manullang/Donna
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com