KSB Kecamatan Darul Hasanah Kutacane Dikukuhkan


186 view
KSB Kecamatan Darul Hasanah Kutacane Dikukuhkan
Foto: SIB /Armentoni Munthe
Asisten Pemerintahan, keistimewaan Aceh dan Kesra, Muhammad Riduan S.Sos saat memukul kentongan sebagai tanda kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana diiringi dengan sirene selama 20 detik. 
Kutacane (SIB)
Pj Bupati Aceh Tenggara Drs.Syakir MSi yang diwakili Asisten Pemerintahan, keistimewaan Aceh dan Kesra Muhammad Riduan S.Sos memimpin apel siaga, pengukuhan dan simulasi Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Darul Hasanah, di SMK 2 Kutacane Desa Kumbang Indah Kecamatan Badar, Jumat (10/3).
Dalam sambutannya, Riduan berharap kepada semua peserta Kampung Siaga Bencana, dapat menjadi pemuka bagi masyarakat, dalam hal penaggulangan bencana.
“Kemudian terus melakukan sosialisasi dengan kerabat, tetangga dan masyarakat lainnya, tentang informasi yang sudah diterima melalui sosialisasi ini. Karena dengan begitu upaya meminimalisir dampak dari seluruh bencana yang tidak kita inginkan itu, dapat berjalan dengan baik,” ujarnya.
Saat mengukuhkan KSB Kecamatan Darul Hasanah itu, Riduan juga mengatakan, tujuan KSB adalah untuk memperkuat integritas sosial masyarakat, agar mampu mengelola sumber daya, wilayah, potensi serta menganalisa untuk penaggulangan bencana.
Sebelumnya, Kadis Sosial Aceh Tenggara Bahagiawati SPd MAP dalam sambutannya melaporkan, kegiatan Kampung Siaga Bencana ini dilaksanakan 3 hari dan ditutup, Jumat (10/3).
Hari pertama pesertanya 100 orang, hari kedua 60 orang dan hari ketiga 250 orang, terdiri dari Pengulu Kute, perangkat desa, tokoh pemuda, Ibu-ibu tim kesehatan, instansi terkait, masyarakat umum dan para pelajar.
“Praktisi sebanyak 3 orang telah menjadi nara sumber dalam kegiatan dan petugas kegiatan sebanyak 10 orang, 5 orang dari provinsi dan 5 orang dari kabupaten/kota,” kata Bahagiawati.
Apel siaga, pengukuhan dan simulasi Kampung Siaga Bencana(KSB) Kecamatan Darul Hasanah tersebut juga ditandai dengan pemukulan kentongan oleh Asisten sebagai tanda kesiapsiagaan masyarakat dalam penanggulangan bencana diiringi dengan sirene selama 20 detik.
Kemudian penyerahan bantuan lumbung sosial dari Kemensos RI dan penyerahan bantuan logistik persediaan penanggulaangan bencana dari Dinas Sosial Aceh kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.
Berikutnya pembacaan pernyataan sikap siaga bencana oleh Camat Darul Hasanah dan Simulasi penanggulangan bencana oleh tim KSB Kecamatan Darul Hasanah.
Apel tersebut dihadiri, perwakilan unsur Forkopimda, Perwakilan dari Direktur perlindungan sosial korban bencana alam Kemensos RI, perwakilan dari Kadis Sosial Aceh, Kalaksa BPBD Aceh Tenggara, Kepala OPD, PMI, Camat Darul Hasanah, Kapolsek, Danramil, Kapuskesmas,Kades Se- Kecamatan Darul Hasanah, Ketua dan pengurus FK Tagana, serta Ketua dan pengurus Tim KSB Kecamatan Darul Hasanah. (B7/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com