Kabag Hukum Setdakab Sebut Pergantian Pj Kades di Labusel Telah Sesuai Prosedur


141 view
Kabag Hukum Setdakab Sebut Pergantian Pj Kades di Labusel Telah Sesuai Prosedur
Foto Istimewa
Ilustrasi 
Kotapinang (harianSIB.com)
Pergantian sejumlah Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) di beberapa kecamatan di Kabupaten Labusel, beberapa waktu lalu, menjadi perbincangan hangat di masyarakat.

Banyak yang menilai, pergantian tersebut tidak sesuai prosedur, apa lagi masa pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 sudah semakin dekat.

Berdasarkan informasi yang dihimpun wartawan, Kamis (9/9/2021), Pj Kades yang telah diganti di Kecamatan Silangkitang yakni, Pj Kades Binanga Dua, Pj Kades Aek Goti, Pj Kades Ulu Mahuam, Pj Kades Sukadame, dan Pj Kades Rintis. Kemudian di Kecamatan Kampungrakyat, Pj Kades Tanjung Medan, Pj Kades Tanjung Selamat, Pj Kades Perkebunan Perlabian, Pj Kades Perlabian, Pj Kades Tolan I-II, Pj Kades Teluk Panji, Pj Kades Teluk Panji II, dan Pj Kases Teluk Panji III.

Kepala Bagian Hukum Setdakab Labusel, M Arifin, SH yang dikonfirmasi menyebutkan, penggantian Pj Kades tersebut sudah sesuai prosedur.

Menurutnya, pergantian dilakukan karena adanya usulan dari kecamatan, sebab Pj Kades sebelumnya dinilai tidak manpu menjalankan tugas secara baik.

"Penggantian itu sesuai dengan PP No 43 tahun 2015 tentang Desa dan Permendagri No 82 tahun 2015," katanya.

Lagi pula kata Arifin, mengganti Pj Kades merupakan kewenangan kepala daerah. Sehingga kata dia, pergantian tersebut sah-sah saja dilakukan.

"Penggantian itu sudah sesuai aturan, dan itu memang kewenangan kepala daerah,"katanya. (*)

Penulis
: Rudi Afandi Simbolon
Editor
: Robert
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com