Kadep Marturia HKBP Pdt Kardi Simanjuntak Wafat

* Pdt Anna Vera Sangat Berduka

276 view
Kadep Marturia HKBP Pdt Kardi Simanjuntak Wafat
Foto Istimewa
Pdt Dr Anna Vera Pangaribuan
Medan (SIB)
Mantan Kepala Departemen (Kadep) Marturia HKBP (2016-2020) Pdt Dr Anna Ch Vera Pangaribuan merasa dan menyatakan sangat berduka atas berpulangnya Pdt Kardi Simanjuntak STh MMin, Kadep Marturia HKBP periode saat ini (2020-2024), khususnya selaku pelayan gereja yang sama-sama bertugas di bidang pemberitaan injil dan penyebaran Firnan Tuhan (marturia) di keluarga besar HKBP.

"Saya, sebagai pribadi dan keluarga atau sesama pelayan gereja yang bertugas di Departemen Marturia HKBP, benar-benar berduka. Sebagai mantan Kadep Marturia, saya sempat cermati dan apresiasi pelayanan beliau (Pdt Kardi Simanjuntak alm) sebagai Kadep Marturia yang secara khusus juga telah melanjutkan estafet kepemimpinan serta mewujudkan kinerja di bidang zending. Saya melihat beliau merasa betapa pentingnya pengembangan jiwa zending di kalangan penginjil generasi muda," katanya via rilis WA kepada SIB, Rabu (1/9).

Bersama suaminya Mangaliat Simarmata SH dan tiga orang putra-putrinya, Pdt Anna Vera yang sekarang bertugas sebagai pendeta Ressort HKBP Kramat Jati Jakarta, mengaku sangat kaget dengan kabar meninggalnya Pdt Kardi Simanjuntak pada Rabu (1/9) pukul 01.30 WIB di RSU Murni Teguh Medan. Kabar duka itu secara beruntun diterimanya via telepon seluler maupun postingan berita-berita via WA.

Sebelum terpilih menjadi Kadep Marturia (2016-2020) dengan meraih 554 suara pada Sinode Godang HKBP ke-65 pada 12 Desember 2020 lalu di Seminarium Sipoholon, Tapanuli Utara, Pdt Kardi Simanjuntak sebelumnya adalah Praeses HKBP Distrik XX Kepulauan Riau di Batam.Hanya saja, pria kelahiran Desa Labuhole Kecamatan Siatasbarita pada 10 Maret 1964, sudah terlebih dahulu ditinggalkan istri tercintanya Santaria Pasaribu, dan tidak menikah lagi hingga akhir hayatnya. Dia dikarunia tiga orang anak beserta satu menantu.

"Mohon doa dari kita semuanya agar keluarga yang ditinggal memperoleh kekuatan dan penghiburan dari Tuhan. Sebagai pelayan atau pemimpin marturia, saya melihat Pdt Kardi Simanjuntak sebagai sosok energik dan loyal, baik pada keluarga maupun lembaga gereja. Dia menjadi orang yang berharga di mata Tuhan, atas kematian semua orang yang dikasihinya," ujar Anna Vera.

Tiba
Setibanya di Kantor Pusat HKBP Pearaja Tarutung, Rabu (1/9) siang sekira pukul 13.00 WIB. Jenazah Pdt Kardi Simanjuntak disemayamkan persis di depan gedung utama Kantor Pusat HKBP dan tidak berlangsung lama.

Ephorus HKBP Pdt Dr Robinson Butarbutar, Sekjen HKBP Pdt Dr Victor Tinambunan, Kadep Koinonia HKBP Pdt Dr Deonal Sinaga MTh, Kadep Diakonia Pdt Debora Furada Sinaga MTh bersama para pendeta berdiri menghadap jenazah lengkap mengenakan seragam atau baju tohonan pendeta, menggelar ibadah singkat sebelum diberangkatkan ke tempat pemakaman di Desa Lobu Hole Kecamatan Siatas Barita.

Ephorus HKBP, Pdt Dr Robinson Butarbutar menyampaikan, Pdt Kardi Simanjuntak STh MMin meninggal, setelah secara intensif dirawat tiga minggu akibat terserang Covid-19.

"Saya Ephorus HKBP sangat berduka dan begitu juga semua jemaat HKBP. Kami pimpinan HKBP dan keluarga memohon doa, kiranya Tuhan Allah Tritunggal menghibur kita, seluruh warga dan pelayan serta pemerhati kasih HKBP. Di sini kami semua berdiri, di depan kantor pusat ini, kami seluruh pimpinan dan jemaat akan melepas kepergianmu," ujar Ephorus. (A5/F4/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com