Kades Belangmalum Dairi Rapikan Lingkungan dan Bersiap Benahi Aset-aset Desa


218 view
Kades Belangmalum Dairi Rapikan Lingkungan dan Bersiap Benahi Aset-aset Desa
(Foto: SIB/Edison P Malau)
KEBERSIHAN: Kepala Desa Belangmalum Sunta Tutur Simorangkir bersama perangkat desa, melaksanakan  kebersihan lingkungan desa, Sabtu (27/1). Tumbuhan liar dan semak belukar dipotong agar jalan masuk menuju Desa Belangmalum terlihat rapi dan asri.
Sidikalang (SIB)
Pemerintahan Desa (Pemdes) Belangmalum, Kecamatan Sidikalang, Kabupaten Dairi mengawali program pembenahan administrasi dan kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan Desa Belangmalum dilaksakan setiap hari Sabtu, dengan memberdayakan seluruh perangkat desa.
Kepala Desa Belangmalum, Sunta Tutur Simorangkir seperti dilansir dari harianSIB.com, Sabtu (27/1) menuturkan, program tersebut bagian dari visi misi saat menjadi calon kepala desa (Cakades) tahun lalu. Selain menuntaskan administrasi pemerintahan yang tertunda, pihaknya juga melaksanakan kebersihan lingkungan desa.
“Hingga saat ini, program kebersihan lingkungan kami laksanakan bersama para perangkat desa. Dengan segala keterbatasan tenaga dan kemampuan, seluruh perangkat desa melaksanakan tugas dengan baik,” sebut Sunta Simorangkir.
Pihaknya juga sedang menyusun program peningkatan kesejahteraan warga dengan pembenahan bendungan yang sudah lama tidak berfungsi. Dalam tahap perencanaan, pihaknya akan mengajukan permohonan bantuan kepada pihak lain dan akan menjadikannya sebagai Taman Wisata Desa.
“Kami telah membuat dan menyusun rencana untuk pembenahan aset desa yang sudah lama diam. Mudah-mudahan, seluruh pihak yang akan kita mohonkan bantuan bisa mengerti dan membantu seluruh tenaga dan kebutuhan yang akan dipergunakan,” urai Kades.
Simorangkir juga mengakui, sejak melaksanakan tugas di awal tahun 2024, pihaknya mencari berbagai program yang tertinggal dan berusaha dengan maksimal membenahinya, termasuk menertibkan administrasi kependudukan (Adminduk) bekerja sama dengan instansi terkait.
“Secara keseluruhan, kita berusaha membenahi segala ketertinggalan. Soal tercapai atau tidak tahun ini, selanjutnya akan kita pelajari dan akan dicari solusinya,” imbuhnya.
Pantauan Hariansib.com di lapangan dalam dua minggu terakhir, seluruh perangkat desa dengan tekun melaksanakan kebersihan lingkungan, seperti mengangkut berbagai sampah menggunakan becak bermotor (Betor) ke ambrol terdekat. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com