Kades Binjai dan Penggalangan Turun Tangan Bersihkan Sampah di Desa Binjai Sergai


179 view
Foto SIB / Lambok Simbolon
TURUN TANGAN : Kades Binjai Sujono (Kiri) dan Kades Penggalangan Syafei Purba (Kanan), turun tangan membersihkan sampah, gambar dipetik SIB, Jumat (23/4).
Sergai (SIB)
Kepala Desa (Kades) Binjai, Sujono bersama Kades Penggalangan, Syafei Purba memimpin langsung pembersihan sampah yang ada di pinggir jalan lintas Binjai-Pagurawan, tepatnya di Dusun II, Desa Binjai, Kecamatan Tebingsyahbandar, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai), Jumat (23/4).

Pantauan SIB, lokasi yang dulunya tempat penumpukan sampah dikeruk menggunakan alat berat excavator. Pengerukan dilakukan sepanjang 100 meter dan dibuat parit kecil untuk aliran air. Tidak tampak lagi lokasi tersebut pernah ditumpuk sampah.

Kades Binjai, Sujono mengatakan kepada SIB bahwa kegiatan tersebut merupakan inisiatif bersama antara dua desa, dimana lokasi yang dibersihkan, selama ini menjadi keluhan warga akibat banyaknya sampah yang menumpuk.

"Kegiatan ini sebagai respon kami atas aduan warga terkait sampah yang ada di pinggir jalan ini. Dengan dibantu alat berat dari PT. Hutama Karya, kami dari dua desa yang berendeng inisiatif lakukan ini," ujarnya.

Ia menambahkan, selesai dibersihkan, nantinya di lokasi yang sama akan dibangun semacam halte dan taman lengkap dengan bunga. Fungsinya agar warga saling mengawasi, sehingga tidak menjadi tempat pembuangan sampah.

Senada dengannya, Kades Penggalangan, Syafei mengatakan bahwa di tempat tersebut telah dibuat plank larangan membuang sampah. Kepada para warga melalui para Kepala Dusun juga telah disosialisasikan agar warga tidak membuang sampah dengan sembarangan.

"Kami akan permak lokasi ini menjadi asri dan indah. Sehingga citra yang selama ini sebagai tempat sampah berubah menjadi asri untuk persinggahan warga. Harapan kami, budaya hidup sehat semakin ditingkatkan, salah satunya tidak buang sampah sembarangan," sebutnya.

Siti (42), warga Dusun I, Desa Penggalangan mengatakan apresiasi atas langkah yang dilakukan oleh pemimpin desanya. "Bagus sekali kegiatan ini. Harapannya lokasi ini tidak menjadi pembuangan sampah lagi," ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Babinsa Koramil 24/Tebing Tinggi Syahbandar, Serma Sapril, Bhabinkamtibmas Bripka R.S. Sitorus, Kepala Dusun I Penggalangan, Darwin dan beberapa warga sekitar yang ingin melihat langsung. (LS/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com