Kades Sosorlontung Dairi Dituding Semena-mena Usulkan Pergantian Penerima BPNT

* Kades Benarkan Pengusulan Pergantian

1.078 view
Kades Sosorlontung Dairi Dituding Semena-mena Usulkan Pergantian Penerima BPNT
(Foto SIB/Tulus Tarihoran)
TUDING SEMENA-MENA: Warga tuding Kepala Desa Sosor Lontung Kecamatan Siempat Nempu, Dairi semena- mena melakukan pengusulan pergantian penerima BPNT, Selasa (19/10) di Desa Sosor Lontung.
Sidikalang (SIB)
Kepala Desa (Kades) Sosor Lontung Kecamatan Siempat Nempu, Dairi dituding semena- mena mengganti penerima bantuan pangan non tunai (BPNT). Sebanyak 34 penerima manfaat diusulkan untuk diganti.

Nurdin Malau (51) warga Dusun 8, Samsudin Munthe (63) warga Dusun 9, Sinar Berutu (42) warga Dusun 9, Ramot Rajagukguk (49) warga Dusun 4, Selasa (19/10) di Desa Sosor Lontung mengatakan, kepala desa mengajukan pergantian nama- nama penerima BPNT, tanpa sepengetahuan penerima manfaat. Ada 34 penerima manfaat yang dilakukan pengusulan pergantian. Memang nama yang terdaftar sebagai penerima adalah nama istri.

Padahal selama ini, kepala desa maupun perangkat desa tidak pernah mensosialisasikan pergantian. "Kami keberatan, kepala desa semena- mena melakukan pengusulan pergantian, tanpa ada pemberitahuan/ sosialisasi," kata mereka.

Usulan pergantian yang dilakukan Kades diketahui setelah dokumen dan berita acara musyawarah desa didapat penerima manfaat. Padahal, penerima manfaat yang akan digantikan masih layak sebagai penerima BPNT.

Diantaranya, Norita Sinambela sudah janda sepeninggal suaminya memiliki dua orang anak kecil. Apa lagi kondisi fisik Norita tidak normal. "Bagaimana dikatakan menolak bantuan, ibu rumah tangga itu kesulitan membutuhi anaknya seorang diri," ucap mereka.

Justru nama-nama pengganti yang diusulkan banyak tidak layak sebagai penerima, karena ada pengusaha bengkel dan perangkat desa di antaranya, Nurmaya Kudadiri merupakan perangkat desa sebagai kepala dusun dan suaminya sebagai sekretaris desa, akan menggantikan Jammer Sinaga.

Paling menyakitkan, kata mereka, penerima manfaat diinformasikan menolak BPNT, sehingga dilakukan pengusulan pergantian. "Dikatakan menolak itu fitnah, penerima BPNT yang akan diganti merupakan petani bahkan di antaranya banyak janda/duda dan ada yang menyewa ladang, memenuhi hidup sehari- hari," ucap mereka.

Membenarkan
Sementara itu, Kepala Desa Sosor Lontung, Budi Simanullang dikonfirmasi di kantornya membenarkan, ada pengusulan pergantian nama- nama penerima manfaat BPNT. Karena nama- nama yang akan diganti sudah lama sebagai penerima bantuan dan tidak layak lagi sebagai penerima bantuan sesuai kriteria.

"Ada 19 nama penerima manfaat yang akan diganti dari 123 nama penerima BPNT di Desa Sosor Lontung. Tetapi itu kan masih usulan, belum tentu direalisasikan," ucapnya.

Memang setelah disurvei, sudah banyak tidak layak lagi penerima bantuan pangan tersebut. Kemudian, Budi membantah pergantian penerima BPNT, ada hubungannya dengan Pilkades. (B03/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com