Kadis Kesehatan Pematangsiantar Diharapkan Sering Turun ke Puskesmas


159 view
Kadis Kesehatan Pematangsiantar Diharapkan Sering Turun ke Puskesmas
(Foto: Tagar/Anugerah Nasution)
Kepala Dinas Kesehatan kota Pematangsiantar, dr Ronald Saragih saat ditemui di Kantor Wali Kota Pematangsiantar, 3 Maret 2020. Ilustrasi
Pematangsiantar (SIB)
Ketua Komisi I DPRD Pematangsiantar Andika Prayogi Sinaga berharap Kadis Kesehatan, dr Ronal Saragih sering turun ke Puskesmas untuk memantau kondisi fisik Nakes (tenaga kesehatan) termasuk pelayanan terhadap warga isoman (isolasi mandiri).

“Jika kontinuitas pemantauan dilakukan terhadap seluruh Nakes yang bertugas di Puskesmas, diyakini tidak akan bertambah Puskesmas lockdown semisal Puskesmas Kartini dan Puskesmas Tomuan dimana ada tujuh orang Nakes terpapar Covid-19”, kata Andika Prayogi Sinaga kepada wartawan di kantornya, Selasa (3/8).

Ditanya adakah temuan Tim Komisi I DPRD (bidang kesehatan, hukum dan pemerintahan) ketika sidak (inspeksi mendadak) ke tiga Puskesmas, Andika mengatakan Kapuskesmas Singosari tidak ditemui di tempat, sementara Puskesmas Parsoburan dan Puskesmas Martoba pelayanan terhadap pasien yang berobat terlihat normatif.

Diungkapkan, dalam tiga kali sidak Komisi I DPRD ke sejumlah rumah sakit dan Puskesmas, sangat disayangkan tidak ada petugas dari dinas kesehatan yang mendampingi mereka. “Sidak dilakukan mencermati bentuk pelayanan di tengah melonjaknya warga terpapar Covid-19,” tegas politisi Partai Hanura tersebut.

Dikemukakan, berbagai catatan dan masukan selama sidak, jadi bahan utama Komisi I DPRD untuk merencanakan rapat dengar pendapat dalam waktu dekat dengan instansi terkait dalam menangani dampak pandemi Covid-19 semisal Satgas Penanganan Covid-19, dinas kesehatan, BPBD, pimpinan rumah sakit dan Puskesmas.(D1/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com