Kadisdik Batubara : Kepsek Jabatan Penting dalam Institusi Pendidikan


309 view
Foto Dok/Ilyas
Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus  saat memberikan sambutan pada penutupan In Servise Training tahap 2 Diklat Kepala Sekolah, Sabtu (1/5/2021) di Medan.
Batubara (harianSIB.com)

Kepala Sekolah (Kepsek) bukan tugas tambahan, melainkan jabatan penting dalam sebuah institusi pendidikan. Peran kepemimpinan sekaligus keteladanan harus melekat pada dirinya, karena kepsek adalah manager di sekolah yang dipimpinnya.

Demikian dikatakan Kadis Pendidikan Batubara Ilyas Sitorus saat menutup In Service Training tahap 2 Diklat Kepala Sekolah, Sabtu (1/5/2021) di Medan.

Disebutkan, kegiatan ini bermaksud memberikan kesempatan kepada guru profesional atau guru potensial untuk memiliki kompetensi dalam bidang kekepala sekolahan, sehingga siap untuk memangku jabatan kepala sekolah secara profesional.

"Oleh karenanya rangkaian persiapan menuju kepala sekolah yang sudah saudara ikuti selama diklat ini mulai dari kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial berdasarkan Analisis Kebutuhan Pengembangan Keprofesian (AKPK) teruslah perdalam dan implementasikan dalam tugas keseharian," harap Sitorus.

Menurut dia, setiap kepala sekolah dituntut untuk bisa membuat UPTD yang dipimpinnya baik tenaga pendidik dan tenaga kependidikan serta siswa menjadi betah dan menyenangi aktivitasnya di lingkungan sekolahnya. Karenanya, dibutuhkan kemampuan seorang kepsek dalam menyiapkan suasana belajar yang baik dan efektif serta menyenangkan.

Untuk itu, kata Ilyas, harus punya inisiatif dalam mengelola sekolah, karena kepsek mempunyai fungsi manajerial. Fungsi manajerial merupakan, fungsi pertama yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah selain fungsi perencanaan, pengawasan dan fungsi sosial.

Di akhir sambutannya Kadis Pendidikan mengajak calon kepala sekolah harus punya inisiatif, ada rasa memiliki serta harus ada rasa bangga terhadap sekolah yang dipimpinnya begitu juga mampu menghidupkan swakontrol dilingkungan sekolahnya terhadap warga sekolah. Disamping itu, kepala sekolah memiliki visioner dalam menghadapi tantangan zaman. (*)

Penulis
: Patar Sitorus
Editor
: bantors@hariansib.com
Tag: batubara
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com