Terima Kunjungan Wartawan Unit DPRD Medan

Kadishub Medan Sebut CCTV Bukan untuk Pengungkapan Kasus, Tapi Pengontrol Lalulintas


155 view
Kadishub Medan Sebut CCTV Bukan untuk Pengungkapan Kasus, Tapi Pengontrol Lalulintas
Foto SIB/Dok Dishub Medan
FOTO BERSAMA: Kadishub Medan Izwar Lubis dan jajarannya, foto bersama pengurus kordinator wartawan unit DPRD Medan usai kunjungan, Jumat (28/5) di kantor Dishub, Pinang Baris, Medan.
Medan (SIB)
Kepala Dinas Perhubungan Kota Medan Izwar Lubis didampingi Sekretaris Dishub Budi Hariono, Kabid Lalulintas Suriono, Kabid Parkir Ken Sianipar dan Kabid PP&K James Simanjuntak menerima kunjungan silaturahmi Pengurus Wartawan Unit DPRD Kota Medan, Jumat (28/5) di kantor Dishub Pinang Baris, Kecamatan Medan Sunggal.

Rombongan wartawan dipimpin Ketua pengurus kordinator wartawan unit DPRD Medan Said Ilham Assegaf didampingi Sekretaris Horas Pasaribu, Bendahara Irwan Manalu dan para penasehat, Amril Koto, Pangihutan Rumapea, David Susanto, Susilo dan Syafii. Turut serta juga, Bambang Siregar (wakil Ketua), Amsari (Wakil Sekretaris), dan Ayu Setyaningsih.

Pada sambutannya, Izwar Lubis sangat berterimakasih atas kunjungan pengurus Koordinator Wartawan Unit DPRD Kota Medan. Izwar berharap hubungan kemitraan antara insan pers dan Dishub Medan dapat terus terjalin dan bukan hanya pada saat tertentu saja.

Said Ilham Assegaf mengatakan, kedatangan mereka di samping untuk menjalin tali silaturahmi juga memperkenalkan diri kepengurusan wartawan yang baru dilantik 5 April lalu di Hotel Madani. Selain itu, wartawan juga ingin meningkatkan sinergitas dengan dinas perhubungan kota Medan. Karena, pada dasarnya selaku wartawan yang bertugas di DPRD Medan selalu mendukung kinerja Pemko, khususnya Dishub dalam memberikan pelayanan yang terbaik demi kemajuan Kota Medan.

“Melihat kinerja dan kegigihan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, dipastikan program-program Dinas Perhubungan Kota Medan dalam hal peningkatkan pelayanan yang bersentuhan dengan masyarakat akan semakin baik, terutama dalam hal penataan lalulintas di kota Medan yang rawan kemacetan, penataan parkir jalan dan pemanfataan ACTS sebagai alat untuk pengontrol kemacetan di kota Medan dengan mempergunakan CCTV,” ujarnya.

Menanggapi masukan wartawan, Izwar juga menjelaskan bahwa ada tugas dan tanggungjawab dari masing-masing Kabid yang mendukung kinerjanya sampai saat ini. Sehingga dia menyarankan juga jika ada kendala di lapangan supaya langsung menanyakan atau mengkonfirmasi ke Kabid masing-masing. Namun jika sifatnya urgen atau harus melalui kadis, dirinya juga siap dan terbuka untuk dikonfirmasi selama dia tidak sedang dalam kesibukan.

Mengenai CCTV yang ada disediakan di persimpangan di kota Medan, Izwar mengatakan bahwa fungsi CCTV itu hanyalah untuk mengatur arus lalulintas sehingga dapat direkayasa seperlunya. “ Jadi bukan untuk mengungkap suatu kejadian atau peristiwa, meskipun pada akhirnya hal itu sering dilakukan pihak kepolisian dalam mengungkap suatu kejadian atau sebagai bukti. Namun jika hasilnya tidak terlalu jelas, itu disebabkan fungsinya fokus untuk memantau arus lalulintas,” ucapnya.

Menurut dia, Dishub Medan selama ini sangat terbuka dengan instansi kepolisian bila ingin bekerjasama dengan Dishub Medan dan memakai tiang atau kabel atau ACTS milik Dishub untuk digunakan dalam hal pengungkapan kasus lalulintas, seperti lakalantas dan sebagainya. “Namun tidak memakai fasilitas CCTV, artinya membangun alat perekam sendiri yang lebih baik. Karena anggaran Dishub Medan tidak ada menyediakan CCTV untuk pengungkapan suatu peristiwa yang terjadi di lalulintas,”ucap Izwar.(A8/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com