Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Kadishub Simalungun Minta Jukir di Objek Wisata Parapat Patuhi Regulasi dan Ramah kepada Wisatawan

Redaksi - Kamis, 02 Maret 2023 12:33 WIB
452 view
Kadishub Simalungun Minta Jukir di Objek Wisata Parapat Patuhi Regulasi dan Ramah kepada Wisatawan
Foto Dok/Fery
MONITORING: Dinas Perhubungan Simalungun dan Forum Koordinasi  Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Girsang Sipanganbolon memonitor situasi parkir RTP Pantai Bebas Parapat, Kecamatan  Girsang Sipanganbolon,  Simalu
Parapat (SIB)
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub), Simalungun, Sabar Saragih meminta para juru parkir (Jukir) mematuhi regulasi yang berlaku dan ramah kepada wisatawan di Kota Wisata Parapat, Kecamatan Girsang Sipanganbolon, Simalungun.

Hal tersebut disampaikan Sabar Saragih, Senin (28/1) ketika menanggapi dan mengecek kebenaran video berisikan Jukir dan pengunjung beradu argumen di lokasi parkir Ruang Terbuka Publik (RTP) Pantai Bebas Parapat baru-baru ini.

“Video yang berdurasi beberapa menit tersebut mengundang perhatian publik, sehingga Dishub Simalungun, turun langsung ke lokasi mengecek kebenarannya,” kata Sabar.

Setelah mengecek kebenaran video tersebut, Saragih mengakui Jukir dalam video di facebook tersebut, merupakan tim Dinas Perhubungan Simalungun. "Kita telah memberikan Surat Pemberitahuan (SPT) dan melengkapi atribut, baik rompi, tanda pengenal dan karcis retribusi," kata Sabar.

Menurut Sabar, isi video yang viral di media sosial merupakan kesalahpahaman dan ke depan, pihaknya akan melakukan pembinaan kepada para Jukir di Pantai Bebas dan juga di objek wisata Simalungun lainnya, agar kejadian serupa tidak terulang kembali.

"Untuk sementara waktu, jukir yang ada di video tersebut sudah kita minta tidak ditugaskan sebelum mengikuti pembinaan dari Dinas Perhubungan Simalungun," ujar Saragih.

Sabar, menyampaikan agar para koordinator Jukir di Parapat menggantikan Jukir yang tidak disiplin dan tidak mengikuti aturan yang berlaku."Kita menekankan kepada kordinator jukir di Pantai Bebas Parapat tegas kepada timnya, bersikap ramah, beretika, bekerja sesuai Standard Operasional Prosedur (SOP)," katanya.[br]


Camat Girsang Sipangan-bolon Marwandi Simaibang, bersama Kapolsek Parapat AKP J Silalahi meminta Dishub Simalungun melakukan pembinaan dan sosialisasi Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Jukir akan sadar wisata dan ramah tamah, agar wisatawan yang berkunjung di Parapat merasa nyaman dan aman.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan Girsang Sipanganbolon meminta maaf, terkait video yang beredar atas kurangnya keramahan dari petugas parkir kepada pengunjung di RTP Pantai Bebas Parapat. Kejadian ini faktor kelalaian, sehingga terjadi kesalahpahaman seperti yang ada dalam video di media sosial akhir-akhir ini," ucap Yosua

Diketahui, dalam video berdurasi 2 menit 21 detik, terjadi saling adu argumen antara pengunjung dan juru parkir terkait uang parkir kendaraan roda empat Rp 5.000 di laman seorang pengguna Facebook yang berlokasi di areal parkir RTP Pantai Bebas Parapat.

Video itu memperlihatkan, pengunjung enggan memberikan uang parkir roda empat Rp 5.000 karena Jukir tidak memberikan karcis sebagai bukti retribusi parkir kendaraan sehingga terjadi adu argumen.(D9/d)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pengemudi Ojol Pertanyakan Jukir yang Masih Mengutip Uang Parkir
Ribuan Wisatawan Saksikan Atraksi Air Menari di Water Front Pangururan Samosir
'Atraksi Air Menari ' Hiburan yang Diminati Wisatawan di Pangururan Samosir
99 Jukir Liar di Medan Terjaring Razia Petugas Gabungan
Razia Besar-besaran, Polrestabes Medan Amankan 99 Jukir Liar
Wong Chun Sen Sebut Penangkapan Jukir Pinggir Jalan Tidak Menyelesaikan Masalah
komentar
beritaTerbaru