Kadivpas Benarkan Polda Tangkap Oknum ASN Rutan Kelas I Medan Terkait Dugaan Jual Beli Vaksin Covid-19


115 view
Kadivpas Benarkan Polda Tangkap Oknum ASN Rutan Kelas I Medan Terkait Dugaan Jual Beli Vaksin Covid-19
(Foto : Dok))
Kadivpas Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumut, Anak Agung Gde Krisna saat gelar jumpa pers beberapa saat yang lalu.
Medan (harianSIB.com)
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumut, Anak Agung Gde Krisna membenarkan Polda Sumut menangkap oknum ASN Rutan Kelas I Medan terkait dugaan jual beli vaksin Covid-19.

Hal tersebut dikatakannya saat dihubungi jurnalis Koran SIB Rido Sitompul, Jumat (21/5/2021). "Iya benar terdapat Oknum ASN Rutan Kelas I Medan, sedang diperiksa oleh Polda Sumut, atas dugaan penjualan vaksin Covid-19," katanya.

Agung mengatakan, oknum ASN Rutan Kelas I Medan tersebut melaksanakan kegiatan tersebut di luar Kedinasan Kementerian Hukum dan HAM, serta tanpa sepengetahuan pimpinan Rutan sehingga menjadi tanggung jawab pribadi.

"Menurut informasi dari teman-teman Polda oknum ASN tersebut, melaksanakan kegiatan yang diduga memperjualbelikan vaksin Covid-19 tanpa sepengetahuan Karutan dan kami," ucapnya.

Ia membeberkan oknum ASN berinisial IW tersebut bagian dari tim kesehatan di Rutan Kelas I Medan. "Jabatan yang bersangkutan, sebagai tim kesehatan Rutan Kelas I Medan, inisial Dokter IW," bebernya.

Meski demikian, Agung menegaskan vaksin tersebut bukan dijual untuk warga binaan. "Ini bukan dijual untuk warga binaan. Kejadiannya menurut informasi yang kami dapat berada di luar rutan, lapas. Karena data yang kami dapatkan, warga binaan belum mendapatkan vaksin di seluruh Lapas, Rutan di Sumatera Utara baru tahap petugasnya, itupun bekerjasama dengan Dinas Kesehatan," ucapnya.

Agung mengatakan, jajaran Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara menyerahkan proses hukum yang bersangkutan kepada Polda Sumatera Utara.

Ia mengatakan, Kementerian Hukum dan HAM Sumut akan menunggu proses hukum dan sedang berjalan serta akan menindak tegas oknum yang terlibat dalam penjualan Vaksin sesuai peraturan Kepegawaian yang berlaku yakni PP 53 Tahun 2010). (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com