Kajati Sumut Idianto: Dalam Penanganan Perkara, Kejati Sumut akan Terbuka ke Publik


332 view
Kajati Sumut Idianto: Dalam Penanganan Perkara, Kejati Sumut akan Terbuka ke Publik
(Foto: Dok/Penkum)
KUNJUNGI RUANGAN: Kajati Sumut yang baru, Idianto (tengah tangan ke belakang) didampingi Asintel Dr Dwi Setyo Budi Utomo (baju merah), mengunjungi ruangan PTSP, di Kejati Sumut, saat mengawali hari pertama masuk kerja, Jumat (4/3/2022).

Medan (harianSIB.com)

Kajati Sumut yang baru, Idianto menggelar rapat dengan Wakajati, para asisten dan para Kepala Seksi (Kasi) di lingkungan Kejati Sumut dalam mengawali hari pertama masuk kerja, Jumat (4/3/2022). Rapat tersebut pada intinya untuk menyamakan persepsi, membangun kebersamaan dan sinergi.


Demikian diinformasikan Kasi Penkum Yos A Tarigan kepada wartawan termasuk jurnalis Koran SIB Martohap Simarsoit via aplikasi pesan, Jumat (4/3/2022). Kajati memimpin rapat setelah melakukan monitoring dengan mengunjungi ruangan semua bidang mulai ruangan Inteljen, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), halaman belakang kantor, Masjid Al-Qisth, Poliklinik, IAD Wilayah Sumut, ruang Pidana Militer, Pidana Umum, Pidsus, Perpustakaan, Pembinaan dan Pengawasan.


Di ruangan PTSP, Idianto menyampaikan pihaknya dalam penanganan perkara akan terbuka atau transparan ke publik. Jika ada masyarakat atau publik bertanya, dijawab secara terbuka dengan memberi jawaban sesuai dengan kode etik dan aturan yang berlaku.


Di ruangan bidang Pidum, mantan Direktur Tindak Pidana Terorisme dan Lintas Negara pada Jampidum Kejagung sempat berdialog dengan Kasi TP Terorisme dan Lintas Negara Yusnar, Kasi Narkotika Rumondang serta Kasi Eksaminasi dan Eksekusi Yuliyati Ningsih.


Kajati berharap, penanganan perkara Pidum dijalankan sesuai harapan dengan mengedepankan hati nurani sebagaimana pesan Jaksa Agung, kalau ada perkara tindak pidana ringan jika memungkinkan dihentikan penuntutannya lewat restoratif justice (keadilan restotarif) setelah ditelaah dan diteliti terlebih dahulu dengan mengacu pada Perja No 15 Tahun 2020.


Mantan Kajati Bali ini juga mengingatkan para pegawai dan Jaksa agar meningkatkan displin dan kinerja. "Tetap jaga integritas dan nama baik institusi," katanya.


Dalam mengunjungi ruangan itu, Idianto didampingi Wakajati Sumut, Asintel Dr Dwi Setyo Budi Utomo dan para asisten seperti Aswas RM Ari Prioagung, Asdatun Dr Prima Idwan Mariza, Kabag TU Raden Sudaryono.(*)


Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com