Kakan Kemenag Minta Peran Tokoh Kristen untuk Jamin Moderasi Beragama di Medan


165 view
Kakan Kemenag Minta Peran Tokoh Kristen untuk Jamin Moderasi Beragama di Medan
(Foto: Kankemenag Medan /Sontur Saragih)
Pembinaan Kurikulum Merdeka: Kakan Kemenag Medan Dr H Impun Siregar MA (tengah) diapit Kasi Bimas Kristen Drs Maruli Tua Hasugian MPdK dan Ketua Panitia Dr Jonter Hutagalung, Sekretaris Hotmaida Saragih MPdK pada Pembinaan Kurikulum Merdeka kepada Guru MP-PAK dan Budi Pekerti di Mdan,Selasa (27/9). Terlihat Bidang Keuangan Martalena Silaen MPdK dan Pengawas MP-PAK lainnya seperti Sontur Saragih MPdK, Dr Chandra Manik, Togi Lumbantobing MPdK, Piner Lingga MPdK dan Pasti EM Siregar MPdK. 

Medan (SIB)

Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Medan, Dr H Impun Siregar MA, minta peran aktif tokoh dan pendidik agama Kristen guna menjamin proses moderasi beragama di ibu kota Sumatera Utara (Sumut).


“Tumbuhkan kesadaran mengenai moderasi beragama. Kondusivitas Medan yang plural dan populis dengan tingkat toleran dipujikan, niscara lestari,” tegasnya saat membekali peserta Pembinaan Kurikulum Merdeka kepada Guru Mata Pelajaran - Pendidikan Agama Kristen (MP-PAK) dan Budi Pekerti pada Pendidikan SMP, SMA dan SMK di Jajaran Seksi Bimas Kristen Kankemenag Kota Medan.


Didampingi Kasi Bimas Kristen Drs Maruli Tua Hasugian MPdK dan Ketua Panitia Dr Jonter Hutagalung, Sekretaris Hotmaida Saragih MPdK, Kakan Kemenag mereview perjalanan partisipasi tokoh-tokoh agama yang menjadikan Medan kota plural toleran.


“Cara itu harus pula diketuktularkan pada generasi muda agar ke depannya tetap lestari bahkan lebih sempurna,” tegasnya.


Ia memastikan, kegaitan selain untuk harapan seperti disebutkan di atas juga untuk meningkatkan kualitas SDM Guru MP-PAK dan Budi Pekerti pada pendidikan menengah.


“Peserta didik yang dibina agar bisa mengamalkan dan melakukan kehidupannya sesuai ajaran Agama Kristen. Seorang Guru MP-PAK dan Budi Pekerti juga harus ikut berpartisipasi menjaga, merawat dan melestarikan nilai-nilai kerukunan umat beragama yang sudah terjalin dengan baik dan harmonis,” urainya.


Kasi Bimas Kristen Drs Maruli Tua Hasugian MPdK memastikan program kegiatan secara rutin dan berkala dilakukan. Selain untuk menignkatkan SDM juga guna terjadi komunikasi antarpemeluk agama dalam menjalankan ibadah sebagaimana mestinya.


Ia mengatakan yang diharapkan Kakan Kemenag Medan sebagai keharusan.


“Artinya, peran dan tanggung jawab harus lebih maksimal guna mencapai target,” tambah Sekretaris LPPD Medan tersebut.


Ketua Panitia Dr Jonter Hutagalung melaporkan, kegiatan berkelanjutan diadakan guna terus menyemangati para guru khususnya untuk mata ajaran tersebut di atas.


“Kasi Bimas Kristen Kemenag Medan pun sangat peduli mengenai moderasi beragama hingga keterlibatan warga Kristen maksimal,” lapornya didampingi Sekretaris Hotmaida Saragih MPdK, Bidang Keuangan Martalena Silaen MPdK dan Pengawas MP-PAK lainnya seperti Sontur Saragih MPdK, Dr Chandra Manik, Togi Lumbantobing MPdK, Piner Lingga MPdK dan Pasti EM Siregar MPdK. (R10/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com