Kampung Nenas di Sipahutar Akan Jadi Objek Wisata yang Diminati Wisatawan


925 view
Kampung Nenas di Sipahutar Akan Jadi Objek Wisata yang Diminati Wisatawan
(Foto : SIB/ Bongsu Batara Sitompul)
Proses Penataan : Objek wisata Kampung Nenas yang berlokasi di Dusun Huta Gurgur Desa Onan Runggu I sedang dalam proses penataan. Fasilitas penunjang di lokasi tersebut sedang dibangun. 
Tapanuli Utara (harianSIB.com)
Objek wisata Kampung Nenas yang berlokasi di Dusun Huta Gurgur Desa Onan Runggu I Kecamatan Sipahutar Kabupaten Tapanuli Utara dalam proses penataan.

Saat ini, ada 4 pembangunan yang dananya dari DAK Dinas Pariwisata Taput tahun anggaran 2021 yang meliputi, pembangunan area pengunjung dengan besar anggaran Rp 369 juta, pembangunan plaza kuliner dengan besar anggaran Rp 575,9 juta, pembangunan jalur pejalan kaki dengan anggaran Rp 400 juta dan penataan lansekap kampung nenas dengan anggaran Rp 204 juta.

Lokasi yang asri dan sejuk di objek wisata tersebut akan menjadi daya tarik bagi pengunjung.

Kepala Dinas Pariwisata Taput, YC Hutauruk yang dikonfirmasi Jurnalis Koran SIB, Bongsu Sitompul, Selasa (14/9/2021) via telepon selulernya mengatakan, objek wisata Kampung Nenas itu diyakini akan menjadi objek wisata yang banyak diminati wisatawan.

"Lokasi tersebut merupakan tempat wisata buah. Kita pastikan, kelompok sadar wisata yang sudah dibekali di desa tersebut akan bangkit menciptakan kreasi - kreasi baru untuk memajukan objek wisata tersebut, " jelasnya.

Ia menerangkan, lokasi objek wisata tersebut tidak jauh dari Kota Tarutung dan mudah dijangkau.

"Kalau saya optimis, prospek objek wisata Kampung Nenas tersebut akan mendatangkan sumber PAD untuk Pemerintah Daerah, " ungkapnya.

Ketika ditanya tentang status lahan, ia mengungkapkan, lahan tersebut adalah pinjam pakai selama 25 tahun dari masyarakat. Jadi tidak ada kompensasi atau pembayaran kepada pemilik lahan.

"Dasar pinjam pakai itulah menjadi persyaratan supaya ada bantuan pemerintah membangun fasiltas di objek wisata tersebut. Lokasi objek wisata itu akan kita buat menjadi UPT Pariwisata , " ujarnya. (*)


Editor
: Robert /Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com